Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Umat Muslim di Arab Saudi Diajak Melihat Bulan Sabit Dzulhijjah

Senin 27 Jun 2022 22:25 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kemunculan bulan sabit. Umat Muslim di Arab Saudi Diajak Melihat Bulan Sabit Dzulhijjah

Kemunculan bulan sabit. Umat Muslim di Arab Saudi Diajak Melihat Bulan Sabit Dzulhijjah

Foto: saudigazette.com
Mereka yang melihat penampakan hilal dapat memberi kesaksian di pengadilan terdekat.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta semua Muslim di Kerajaan untuk memantau munculnya bulan sabit Dzulhijjah pada Rabu malam (29/6/2022). Siapapun yang melihatnya untuk segera melapor ke pengadilan terdekat.

 

Dilansir dari Al Arabiya, Senin (27/6/2022), Mahkamah Agung mengatakan masyarakat maupun jamaah haji dapat melihat penampakan hilal Dzulhijjah dengan mata telanjang ataupun melalui teleskop. Setelah itu mereka yang melihat penampakan hilal dapat segera memberikan kesaksian mereka di pengadilan terdekat.

Baca Juga

Penampakan hilal menandai dimulainya bulan Dzulhijjah, di mana ibadah haji dilakukan diikuti dengan Idul Adha. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir dalam kalender Islam. Setelah bulan Dzulhijjah habis, umat Muslim memasuki tahun baru Islam yang diawali dengan bulan Muharam.

Kalender lunar umat Islam terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari 354 atau 355 hari. Untuk menandai datangnya bulan puasa, Muslim juga harus melihat hilal bulan Ramadhan dan untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri, juga harus melihat hilal bulan syawal.

Sedangkan haji sendiri merupakan salah satu dari lima rukun Islam, yang harus dilakukan setiap Muslim setidaknya sekali seumur hidup jika mereka mampu. Tahun ini merupakan pertama kalinya Arab Saudi membuka haji untuk jamaah asing setelah penangguhan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Sekitar 1 juta orang akan melakukan ritual haji tahun ini, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 60 ribu orang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile