HUT TNI, PT Pindad Pamerkan Ranpur Anoa & Rantis Komodo

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

HUT TNI, PT Pindad Pamerkan Ranpur Anoa & Rantis Komodo (ilustrasi).
HUT TNI, PT Pindad Pamerkan Ranpur Anoa & Rantis Komodo (ilustrasi). | Foto: Antara/Sigid Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kasal Laksamana  TNI Yudo Margono meninjau pameran alutsista setelah selesai mengikuti upacara HUT ke-76 TNI pada Selasa, 5 Oktober 2021 di Istana Kepresidenan, Jakarta.  

Pelaksanaan upacara diselenggarakan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat mengingat saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Menurut Manajer Komunikasi Korporat, Komarudin, sebanyak 35 unit Kendaraan Tempur (Ranpur) buatan Pindad, Anoa berbagai varian dan Kendaraan Taktis (Rantis) Komodo Mistral dipamerkan pada Upacara peringatan hari ulang tahun kali ini bersama alutsista TNI lainnya.

"TNI menggelar total sebanyak 112 Alutsista di sekitar Istana Merdeka tepatnya disepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat," ujar Komarudin dalam siaran persnya, Selasa (5/10).

Komarudin mengatakan, Ranpur Anoa telah digunakan oleh TNI baik dalam mendukung misi operasi di dalam negeri maupun di luar negeri mendukung misi perdamaian dunia PBB. Seperti UNAMID (Sudan) sebanyak 24 unit, UNIFIL (Lebanon) 20 unit, MONUSCO (Kongo) 2 unit, dan MINUSCA (Afrika Tengah) 4 unit. 

"Sementara Rantis Komodo juga telah beroperasi di MONUSCO (Kongo) sebanyak 21 unit," katanya.

Gelar Alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan juga sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan Alutsista untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. 

Terkait


HUT Ke-76 TNI, Panglima Terima Kejutan dari Kapolri

Presiden: Pameran Alutsista TNI Bentuk Transparansi Publik

Jokowi: TNI Berperan Besar Tangani Pandemi Covid-19

HUT Ke-76 TNI, Marsekal Hadi Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Ziarah Nasional dan Tabur Bunga Jelang HUT TNI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark