Sabtu 09 Jul 2022 23:47 WIB

Banjir Melanda Desa Sayo Kabupaten Poso

Banjir disebabkan luapan Sungai Sayo setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Red: Ilham Tirta
Ilustrasi Banjir.
Foto: republika
Ilustrasi Banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Banjir melanda Desa Sayo, Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu (9/7/2022). Banjir disebabkan luapan Sungai Sayo setelah diguyur hujan.

"Intensitas hujan yang tinggi sejak pukul 13.00 Wita mengakibatkan Sungai Sayo meluap karena tidak mampu menampung semua debit air sehingga merendam pemukiman warga," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Andi Sembiring, Sabtu.

Baca Juga

Ia menerangkan, berdasarkan hasil pendataan saat ini, dua kepala keluarga (KK) dan dua sekolah dasar (SD) terdampak banjir. Warga yang terdampak tidak mengungsi dan memilih bertahan di rumahnya.

Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Kebutuhan mendesak saat ini yakni selimut dan makanan siap saji bagi warga yang terdampak.

Saat ini, BPBD setempat terus melakukan pendataan terhadap infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang terdampak banjir di daerah tersebut. Ia mengimbau warga Desa Sayo tetap waspada untuk mengantisipasi bencana serupa yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Kami terus berkoordinasi dengan aparat Pemerintah Desa Sayo untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement