Selasa 12 Jul 2022 20:04 WIB

Peserta MTQ Natuna Diangkut ke Anambas dengan KRI Bontang-907

Peserta MTQ IX Provinsi Riau akan menempuh perjalanan selama 12 jam.

Red: Ani Nursalikah
Foto udara KRI Bontang-907 yang lego jangkar untuk membuka vaksin maritim di perairan Sikakap, Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Peserta MTQ Natuna Diangkut ke Anambas dengan KRI Bontang-907
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Foto udara KRI Bontang-907 yang lego jangkar untuk membuka vaksin maritim di perairan Sikakap, Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Peserta MTQ Natuna Diangkut ke Anambas dengan KRI Bontang-907

REPUBLIKA.CO.ID, NATUNA -- TNI Angkatan Laut membantu keberangkatan 160 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau asal Kabupaten Natuna ke Kabupaten Kepulauan Anambas menggunakan KRI Bontang-907, Selasa (12/7/2022).

"Disamping tugas operasi yang dilaksanakan KRI Bontang-907 di Laut Natuna Utara, juga melaksanakan dukungan kepada pemerintah daerah Kabupaten Natuna dalam rangka mendukung angkutan laut bagi peserta MTQ IX tingkat Provinsi Kepuluan Riau 2022 dari Kabupaten Natuna yang akan mengikuti perlombaan MTQ di Kabupaten Anambas sebagai tuan rumah," kata Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I di Pelabuhan Faslabuh TNI AL Selat Lampa, Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa.

Baca Juga

Bersama prajurit Satgas Kompi Komposit Marinir Setengar, Danlanal turut melepas keberangkatan peserta khafilah MTQ beserta Bupati dan Wakil Bupati Natuna yang juga ikut bersama rombongan menuju ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Menurut Danlanal, kegiatan dukungan angkutan laut oleh KRI Bontang-907 kepada peserta MTQ di Kabupaten Natuna selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam kutipan-kutipannya.

"Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara," ujar Danlanal.

Danlanal Ranai juga menyampaikan bahwa KRI Bontang-907 didukung dari Koarmada I yang mana kapal ini di bawah kendali Guspurla Koarmada l. "Diperkirakan perjalanan laut menuju Anambas kurang lebih selama 12 jam dan kemungkinan besok pagi tiba atau sandar di Anambas," kata Danlanal.

Ia menjelaskan setelah melaksanakan pengiriman peserta MTQ dari Kabupaten Natuna, KRI Bontang akan melanjutkan patroli di sekitaran Laut Natuna Utara. "Direncanakan pada 21 Juli 2022, setelah kegiatan MTQ selesai, direncanakan para peserta akan dijemput kembali dengan KRI Bontang menuju Natuna," jelas Danlanal.

Ia berharap peserta dari kabupaten Natuna mendapatkan prestasi juara dan diharapkan kehadiran TNI Angkatan Laut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Natuna. "Kita gunakan dan bisa dimanfaatkan untuk mendukung pemerintah daerah di wilayah Natuna sesuai UU RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 ayat 9 bahwa salah satu tugas TNI yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut untuk menyukseskan keikutsertaan Kabupaten Natuna dalam ajang MTQ tingkat provinsi tersebut. "Kami ucapkan terima kasih kepada Danguspurla, Danlanal Ranai beserta jajaran TNI Angkatan Laut atas dukungan dan fasilitas yang diberikan," ucap Wan Aris.

Kepada peserta MTQ, ia berpesan untuk selalu menjaga kesehatan agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik. Kepada penanggung jawab, dalam hal ini Bagian Kesra Setda Kabupaten Natuna, Wan Aris meminta untuk selalu memperhatikan kebutuhan peserta selama mereka berada di Anambas.

"Pastikan semua kebutuhan akomodasi peserta selama di Anambas harus betul-betul diperhatikan, jangan sampai ada keluhan," kata Wan Aris.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement