Selasa 19 Jul 2022 18:55 WIB

Kepala Mata-Mata Rusia dan AS Temui PM Armenia

Beberapa hari setelah pertemuan dengan CIA, PM Armenia bertemu kepala mata-mata Rusia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan
Foto: EPA-EFE/ARMENIAN GOVERNMENT PRESS OFFICE
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan bertemu kepala badan mata-mata Rusia. Pertemuan ini dilakukan beberapa hari usai Direktur CIA William Burns bertemu Pashinyan di Yerevan.

Direktur Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia Sergei Naryshkin bertemu dengan Pashinyan pada 18 Juli kemarin di ruangan yang sama Pashinyan menemui Burns pada 15 Juli. Foto kedua pertemuan itu dirilis pemerintah Armenia.

Dalam pernyataannya, Selasa (19/7/2022) pemerintah Armenia mengatakan dua pertemuan itu serupa. Mereka membahas hubungan bilateral dan juga masalah-masalah internasional dan keamanan kawasan termasuk Kaukus Selatan.

"Kunjungan saya ke Yerevan jelas tidak berhubungan dengan kedatangan rekan Amerika saya. Tapi saya tidak mengesampingkan kunjungannya tidak berhubungan dengan kunjungan saya," kata Naryshkin seperti dikutip media Rusia, Sputnik.

Armenia merupakan sekutu Rusia. Hal itu dapat dilihat dari langkah Moskow mengirimkan pasukan penjaga perdamaian di Nagorno-Karabakh, daerah Azerbaijan yang dikuasai etnik Armenia. Pasukan Armenia memukul mundur Azerbaijan pada 2020 lalu.

Beberapa bulan terakhir Armenia menggelar pertemuan untuk menormalisasi hubungannya dengan anggota Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement