Kamis 21 Jul 2022 16:38 WIB

UMM Luncurkan Buku Syariah dan HAM Hasil Riset Belasan Tahun

Buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi pemeluk Islam.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses meluncurkan buku berjudul Sharia and Human Right, beberapa waktu lalu.
Foto: Dok. Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses meluncurkan buku berjudul Sharia and Human Right, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses meluncurkan buku berjudul Sharia and Human Right pada Sabtu (16/7/2022) lalu. Buku hasil riset selama belasan tahun itu berisi tulisan dari para pakar dari berbagai belahan dunia dimulai dari Indonesia, Norwegia, Malaysia, dan sederet lainnya.

Lena Larsen dari University of Oslo, Norwegia mengatakan, buku ini merupakan kulminasi dari proyek penelitian terkait keselarasan dan ketidaklarasan antara dua sistem di ranah moral, hukum, dan politik dunia. "Yaitu syariah atau hukum Islam dan hak asasi manusia," katanya.

Lena yang juga berkontribusi tulisan dalam buku cetakan Mizan tersebut menilai karya ini dapat menjadi pondasi dan dasar untuk bahan mengajar. Tidak hanya terbatas di UMM maupun Indonesia tetapi juga bisa melewati batas-batas negara.

Ia mengaku sangat senang dan bahagia dalam proses penulisan hingga akhirnya menjadi sebuah buku. Saat Lena mengunggah foto buku tersebut, banyak teman-teman dan peneliti dari Malaysia hingga Inggris yang tertarik untuk mendapatkannya.