Selasa 26 Jul 2022 20:50 WIB

Pendorong Roket China Jatuh dari Luar Angkasa

Pendorong roket China jatuh setelah sukses meluncurkan modul baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Roket Long March-5B
Foto: xinhua
Roket Long March-5B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendorong roket milik China jatuh dari luar angkasa setelah meluncurkan modul Wentian menuju stasiun luar angkasa Tiangong. China memilih untuk membiarkan roket besar jatuh kembali ke Bumi dengan sendirinya.

Ini adalah ketiga kalinya negara itu memilih untuk tidak mengontrol pelepasan tahap pertama roket Long March 5B. Alhasil, aksi ini menempatkan China di bawah pengawasan dari pelacak puing-puing ruang angkasa setelah penurunan tidak terkendali pada 2020 dan 2021.

Baca Juga

Militer AS belum mengeluarkan peringatan di Twitter, baik melalui Komando Luar Angkasa atau Skuadron Pertahanan Luar Angkasa ke-18. Aerospace Corporation, yang biasanya menyediakan informasi tentang kendaraan besar buatan manusia yang masuk kembali, juga tidak membahas masalah ini di media sosial.

Secara umum, risiko korban dari tahap roket yang jatuh sangat rendah. Namun, badan roket Long March 5B sangat besar.

China meluncurkan modul stasiun luar angkasa Wentian pada Ahad (24/7/2022) pukul 14.25 waktu Beijing. Wentian dengan aman merapat dengan stasiun luar angkasa Tiangong, seperti yang direncanakan.

Risiko

Sebuah studi baru-baru ini di Nature Astronomy menunjukkan bahwa praktik membiarkan tahapan besar roket jatuh yang tidak terkendali ke Bumi menciptakan "risiko yang tidak perlu. China tidak sendirian dalam praktik tersebut meskipun ada pedoman internasional untuk mitigasi puing-puing luar angkasa yang jatuh.

AS dan sebagian besar badan antariksa internasional utama memiliki praktik yang mengatur bagaimana menangani risiko tahap roket. Pemerintah Amerika, misalnya, mengatur kejatuhannya di bawah Praktik Standar Mitigasi Puing Orbital.

Praktik tersebut mengharuskan risiko korban dari roket yang masuk kembali berada di bawah ambang batas 1 banding 10.000. Namun, persyaratan ini juga tidak selalu terpenuhi. Angkatan Udara AS mengabaikan persyaratan untuk 37 dari 66 peluncurannya antara 2011 dan 2018.

Badan Antariksa Amerika (NASA) mengabaikan persyaratan korban ini tujuh kali antara 2008 dan 2018, termasuk peluncuran Atlas V pada 2015 dari Misi Multiskala Magnetospheric yang membawa risiko korban 1 dari hanya 600.

"Tidak ada konsensus internasional tentang tingkat risiko yang dapat diterima, dan negara-negara antariksa lainnya, termasuk AS," tulis para penulis.

Makalah ini dipimpin oleh ilmuwan politik Kanada Michael Byers, dari University of British Columbia. Sebagian besar badan roket yang tidak terkendali diluncurkan di dekat khatulistiwa, kota-kota di Global South-lah yang tampaknya menanggung risiko yang tidak proporsional. Para penulis mengatakan bahwa garis lintang termasuk Jakarta (Indonesia), Dhaka (Bangladesh), Mexico City, Bogotá (Columbia) dan Lagos (Nigeria) memiliki risiko tiga kali lipat untuk masuk kembali ke badan roket daripada Washington, D.C., New York, Beijing dan Moskow.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement