Sabtu 06 Aug 2022 16:30 WIB

'Kelainan' Buang Air Kecil pada Pria yang Sering Disalahartikan Sebagai Kanker Prostat

Kanker prostat dapat menjadi penyakit yang tidak bergejala.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Gangguan dalam buang air kecil yang disalahartikan sebagai gejala prostat. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Gangguan dalam buang air kecil yang disalahartikan sebagai gejala prostat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prostat adalah kelenjar kecil di panggul dan merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Prostat terletak di antara penis dan kandung kemih, posisinya mengelilingi uretra.

Selama ini, kaum pria diingatkan untuk selalu memperhatikan segala aktivitas yang berkaitan dengan prostat, di antaranya peningkatan buang air kecil, mengejan saat buang air kecil, dan perasaan bahwa kandung kemih Anda belum sepenuhnya dikosongkan. Namun, sebuah makalah yang diterbitkan oleh sebuah tim di Universitas Cambridge berpendapat, fokus pada gejala-gejala seputar buang air kecil dinilai "menyesatkan" dalam hal kanker prostat.

Baca Juga

Profesor urologi di universitas tersebut, Vincent Gnanapragasam, menjelaskan ketika kebanyakan orang memikirkan gejala kanker prostat, mereka memikirkan masalah dengan buang air kecil yang lebih sering, terutama pada malam hari. “Kesalahpahaman ini telah berlangsung selama beberapa dekade, meskipun sangat sedikit bukti, dan ini berpotensi mencegah kami mengambil kasus pada tahap awal," ujarnya seperti dilansir laman Express, Sabtu (6/8/2022).

Kajian yang diterbitkan di BMC Medicine mengeksplorasi bagaimana pembesaran prostat dapat menyebabkan masalah kemih. Informasi itu sering dimasukkan dalam pesan kesehatan masyarakat, tetapi bukti menunjukkan ini jarang terjadi karena tumor prostat ganas.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa prostat lebih kecil pada kasus kanker prostat. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini yaitu uji coba UK PROTECT mengatakan, kurangnya gejala buang air kecil menjadi indikator kemungkinan kanker yang lebih tinggi. Para peneliti menunjukkan bukti bahwa ada kesalahpahaman bahwa kanker prostat selalu bergejala.

Studi sebelumnya menemukan 86 persen masyarakat terkait kanker prostat dengan gejala, tetapi hanya satu persen yang sadar bahwa itu bisa tanpa gejala. "Kami sangat perlu menyadari bahwa informasi yang saat ini diberikan kepada publik berisiko memberikan rasa aman palsu kepada pria jika mereka tidak memiliki gejala kencing," ujar Profesor Gnanapragasam.

Dia mengatakan, kanker prostat dapat menjadi penyakit yang tidak bergejala atau tanpa gejala, terutama dalam tahap yang dapat disembuhkan. “Menunggu gejala kencing bisa berarti kehilangan kesempatan untuk tertular penyakit saat bisa diobati," kata dia.

Pria tidak perlu takut untuk berbicara dengan dokter mereka tentang tes maupun nilai tes antigen spesifik prostat (PSA). Utamanya jika mereka memiliki riwayat kanker prostat dalam keluarga atau memiliki faktor risiko lain seperti etnis kulit hitam atau campuran kulit hitam.

Pengujian untuk kanker prostat melibatkan tes darah yang mencari protein yang dikenal sebagai antigen spesifik prostat (PSA) yang dibuat hanya oleh kelenjar prostat. Namun, itu tidak selalu akurat.

“Kami menyerukan organisasi seperti National Health Services (NHS), serta badan amal pasien dan media, untuk meninjau pesan publik saat ini," kata Profesor Gnanapragasam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement