Rabu 10 Aug 2022 21:04 WIB

Google Luncurkan Situs Web Baru Bantu Anak-anak Belajar Membaca

Versi website Read Along dapat dibuka melalui Chrome, Firefox, dan Edge.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Aplikasi Read Along. Read Along kini dapat diakses di website.
Foto: Google Play
Aplikasi Read Along. Read Along kini dapat diakses di website.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah merilis versi browser dari aplikasi Android bernama Read Along. Situs ini akan membantu anak-anak untuk belajar membaca.

Situs web itu mencakup ratusan cerita bergambar pada beberapa tingkat membaca yang berbeda. Setelah anak-anak memilih sebuah cerita, mereka mulai membacakan ke mikrofon perangkat mereka. 

Baca Juga

Kata-kata disorot dengan warna biru setelah mereka membacanya dan kata-kata yang salah diucapkan digarisbawahi dengan warna merah. Anak-anak bisa mengeklik kata yang digarisbawahi dan asisten virtual bernama Diya akan mengucapkannya untuk mereka.

“Browser yang didukung termasuk Chrome, Firefox, dan Edge. Sedangkan browser selain itu, termasuk Safari akan segera hadir,” kata Google, dilansir The Verge, Rabu (10/8/2022).

Cerita yang hadir dalam situs web tersedia dalam bahasa Inggris, Hindi, Gujarati, Bengali, Telugu, Marathi, Tamil, Spanyol, dan Portugis. Google juga telah menambahkan cerita baru ke koleksi Read Along yang akan tersedia akhir tahun ini dalam versi web dan Android. 

Ini termasuk adaptasi konten dari pembuat video anak-anak USP Studios dan ChuChu TV serta buku alfabet dan fonetik dari perusahaan pendidikan Kutuki.

Aplikasi Android Read Along telah digunakan oleh lebih dari 30 juta anak sejak diluncurkan pada tahun 2019. Perpindahan aplikasi ke desktop tidak hanya akan memberikan lebih banyak pilihan perangkat kepada anak-anak, tetapi juga memungkinkan banyak orang untuk membaca di layar yang lebih besar. Ini merupakan sesuatu yang telah dinantikan oleh guru sebagai hal yang penting bagi anak-anak, terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan. 

Saat ini, situs web Read Along masih tersedia dalam versi beta. Pengguna bisa mencobanya dengan mengeklik tautan https://readalong.google.com/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement