Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

9 Masalah Kuku Ini Bisa Jadi Ada Kaitannya dengan Penyakit Tiroid

Kamis 18 Aug 2022 22:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Jari (ilustrasi). Kuku dapat memberi petunjuk kemungkinan gejala gangguan tiroid.

Jari (ilustrasi). Kuku dapat memberi petunjuk kemungkinan gejala gangguan tiroid.

Foto: www.freepik.com
Gejala tiroid dapat terlihat di kuku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyakit tiroid merupakan gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah lebih lanjut seperti jantung dan penglihatan, karenanya deteksi dini menjadi sangat penting.

 

Pakar kulit dari AS, dr Andrea Suarez, mengungkap bahwa masalah pada kuku termasuk kuku rapuh dan tumbuh lambat bisa menjadi petunjuk awal dari penyakit tiroid. Meski demikian, menurutnya, tak semua masalah para kuku terkait dengan penyakit tiroid. Dilansir dari The Sun, Kamis (18/8/2022), berikut sembilan masalah kuku yang bisa jadi tanda awal penyakit tiroid, menurut Suarez.

Baca Juga

1. Kuku sendok

Koilonychia atau kuku sendok terjadi ketika kuku secara harfiah terlihat seperti sendok, di mana lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan benar-benar terlihat seperti sendok kecil.

“Anda bisa mengambil air dan meletakkannya di atas lempeng kuku. Jika itu kuku sendok, maka air akan bertahan tidak akan mengalir ke samping,” kata Suarez.

Koilonychia, yang lebih sering terlihat dengan tiroid yang terlalu aktif, tidak spesifik untuk penyakit tiroid. Ini bisa terjadi dengan psoriasis, anemia defisiensi besi dan diabetes, misalnya. Jadi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter

2. Kuku rapuh

Dr Suarez menjelaskan, 22 persen kasus kuku rapuh yang terkait dengan penyakit tiroid terlihat pada orang dengan masalah tiroid autoimun. Sedangkan 14 persen terlihat pada mereka yang memiliki penyakit tiroid non-autoimun.

“Kuku rapuh lebih sering terjadi pada tiroid yang kurang aktif karena ada penurunan aliran darah ke ujung jari,” jelas dia.

3. Kuku pecah-pecah (fragile nails)

Dr Suarez mengatakan temuan kuku yang paling umum dari tiroid yang kurang aktif adalah kuku yang pecah-pecah. "Itu masuk akal lagi, karena pembuluh darah mungkin mengempis dalam upaya menjaga suhu inti tubuh yang tidak Anda dapatkan," kata dia.

Kerapuhan lempeng kuku mungkin merupakan temuan paling umum dan hipotiroidisme (tiroid kurang aktif), di mana dilaporkan pada 70 persen kasus.

4. Kuku tumbuh lambat

Dengan tiroid yang kurang aktif, pertumbuhan kuku yang lambat juga merupakan ciri umum sebagai akibat dari kerapuhan. Menurut dr Suarez, idealnya dalam sebulan kuku tumbuh kira-kira tiga setengah milimeter yang setara dengan sekitar sepersepuluh milimeter sehari. Namun, pada hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) jauh lebih lambat.

"Jadi, jika Anda memperhatikan bahwa kuku sangat rapuh dan tumbuh sangat lambat, itu mungkin merupakan petunjuk bahwa hormon tiroid rendah,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile