Jumat 19 Aug 2022 07:22 WIB

Upaya PKT dalam Pengembangan Potensi dan Hilirisasi Industri

PKT melakukan sejumlah pengembangan dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi. Rahmad Pribadi mengatakan peringatan hari kemerdekaan menjadi pendorong semangat PKT untuk terus berbuat bagi bangsa dan negara.
Foto:

"Dari hal itu, PKT dapat menjamin keberlanjutan perusahaan dengan berorientasi pada penerapan prinsip ESG," ungkap dia.

Rahmad mengatakan pemulihan sektor ekonomi masyarakat pascapandemi covid-19, turut menjadi komitmen PKT dalam mendorong kesejahteraan dan kemandirian di Kota Bontang maupun Indonesia, melalui berbagai gagasan dan inisiasi program yang telah dijalankan pada beberapa tahun terakhir. Sementara dari sisi energi bersih, dia katakan, PKT mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui PLTS atap yang terpasang di seluruh area perkantoran guna mengurangi dampak perubahan iklim dan menetapkan target net zero carbon emission pada 2050 dengan pengurangan emisi karbon sebesar 30 persen pada dekade pertama pada 2030.

"Salah satu upaya yang dilakukan, PKT mulai penggunaan motor listrik untuk mengurangi emisi bahan bakar dari kendaraan operasional. Langkah ini akan terus dikembangkan PKT guna menekan pengunaan energi fosil di lingkup bisnis perusahaan," ucapnya.

PKT, lanjut Rahmad, juga mengedepankan prinsip industri hijau dalam aktivitas bisnis yang mencakup efisiensi energi, efisiensi pemakaian bahan baku dan bahan penolong hingga efisiensi pemakaian air. Hal ini termasuk pengembangan konservasi lingkungan dan ekosistem perairan melalui berbagai upaya, seperti  konservasi terumbu karang di perairan Bontang sejak 2009, dengan komitmen penurunan 500 unit terumbu buatan setiap tahun.

"Setelah 13 tahun perjalanan program, kini terdapat 38 genus karang di seluruh area konservasi PKT, dengan pertumbuhan soft coral maupun hard coral relatif normal. Pun dengan metode transplantasi, terus dikembangkan menggunakan enam jenis bibit dengan monitoring berkala mulai tiga bulan hingga satu tahun," ujar Rahmad.

Selanjutnya, ucap Rahmad, program konservasi serta diversifikasi mangrove dan budidaya kepiting, dengan memberdayakan masyarakat dalam pembibitan dan penanaman mangrove yang tercatat telah ditanam sebanyak 320 ribu lebih, dengan komitmen 20 ribu hingga 25 ribu bibit dalam satu tahun.

“Karena itu pada HUT RI tahun ini, PKT turut menggelar upacara dan pengibaran bendera di bawah laut, sebagai representasi komitmen perusahaan dalam menjaga ekosistem perairan dan lingkungan secara berkesinambungan," kata Rahmad menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement