Jumat 26 Aug 2022 18:59 WIB

Untan Didorong Lahirkan Ahli Soal Hutan Kalimantan dan Soal Kapuas

Kampus jadi penentu dan infrastruktur kemajuan Indonesia Raya.

Red: Agung Sasongko
Doktor Ilmu Pertahanan jebolan Universitas Pertahanan RI, Hasto Kristiyanto
Foto: istimewa
Doktor Ilmu Pertahanan jebolan Universitas Pertahanan RI, Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Doktor Ilmu Pertahanan, Hasto Kristiyanto, menggelorakan semangat agar para anak muda Indonesia menjadi jagoan tingkat dunia, tak mau jadi jago kandang yang hanya bisa mencela anak bangsa sendiri.

Semangat itu dikobarkan Hasto saat berbicara di hadapan ribuan mahasiswa dalam Kuliah Umum “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansi terhadap Pertahanan Negara" di kampus Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Jumat (26/8/2022) petang.

Baca Juga

Hasto mengatakan, geopolitik Soekarno itu adalah force projection, bagaimana membangun kepemimpinan Indonesia dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk olahraga. 

Hasto lalu memberi contoh kecil mengenai perwujudan itu, yakni ketika pasangan Greysia-Apriyani menjuarai Olimpiade cabang olahraga bulu tangkis mengalahkan pasangan asal China. Ganda China dikalahkan justru di tengah begitu kuatnya China di dunia, dan dominasi China di cabang bulutangkis itu sendiri. Dan, prestasi itu ditorehkan di panggung internasional, yakni di Jepang.