Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nama-Nama Bintang Ternyata Berasal dari Bahasa Arab

Selasa 27 Sep 2022 07:11 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Gambar ini dirilis oleh NASA pada 6 September 2022, menunjukkan wilayah pembentuk bintang Nebula Tarantula, ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Nama-Nama Bintang Ternyata Berasal dari Bahasa Arab

Gambar ini dirilis oleh NASA pada 6 September 2022, menunjukkan wilayah pembentuk bintang Nebula Tarantula, ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Nama-Nama Bintang Ternyata Berasal dari Bahasa Arab

Foto: NASA, ESA, CSA, STScl, and Webb ERO Productio
Astronom Muslim memiliki peran penting selama Zaman Keemasan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karena peran penting para astronom Muslim selama Zaman Keemasan Islam, banyak bintang yang sebenarnya diberi nama dengan nama Arab. Nama-namanya dilatinkan, tetapi kita sering dapat menemukan jejak kata-kata Arab di dalamnya.

Astronom Islam, seperti Abd al-Rahman al-Sufi memiliki peran penting dalam proses pengetahuan kita tentang astronomi. Mereka menerjemahkan informasi penting, seperti karya terkenal Ptolemy, Almagest.

Baca Juga

Karya ini termasuk garis besar kosmologi Aristoteles, gerakan bintang-bintang, bulan, Jupiter dan Saturnus, gerhana dan sebagainya. Untuk dapat menerjemahkan sebuah karya serumit ini, seseorang harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang materi itu sendiri.

Para astronom Arab tidak hanya menerjemahkan karya-karya tersebut, tetapi juga menambahkan banyak informasi penting sendiri. Banyak dari nama-nama bintang ini akhirnya disalin dan digunakan di Eropa, seringkali tidak mengetahui asal usul nama-nama ini adalah bahasa Arab. 

Dilansir dari About Islam, berikut ini beberapa contoh nama latin dari bintang terang yang berasal dari bahasa Arab.

Nama bintang Altair sebenarnya adalah kependekan dari 'an-Nisr uṭ-Ṭā'ir' yang berarti elang yang terbang. Rigil Kentaurus berasal dari 'Rijl ul-Qanṭūris.

Bintang terkenal Betelgeuse yang berarti ketiak yang di tengah, berasal dari nama Arab 'Ibṭ ul-Jawzā'. Juga, Deneb adalah versi singkat dari 'Dhanab ud-Dajājah' , yang berarti ekor ayam.

Alnitak memiliki arti ikat pinggang, berasal dari kata Arab an-Niṭāq'. Fomalhaut, bintang ini diberi nama 'Fum al-Hul' dalam bahasa Arab, yang berarti mulut Paus.

Algol adalah versi singkat dari nama Arab 'Ra'as al-Ghūl'. Ghoul adalah sosok dalam legenda Arab dan merupakan sejenis iblis, monster yang menakutkan.

Begitu banyak bintang terang memiliki nama yang berasal dari bahasa Arab. Sayangnya, tidak ada ruang untuk semua bintang dalam satu artikel.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile