Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Elon Musk Ingin Jual Murah Robot Optimus, Sekitar Rp 300 Jutaan Saja

Sabtu 01 Oct 2022 10:30 WIB

Rep: Koiyudh/ Red: Partner

.

.

CEO Tesla Elon Musk mengaku ingin menjual robot humanoid mereka, Optimus, dengan harga yang lebih murah dari mobil. Ia memberi kisaran 20 ribu dolar AS.

Robot rancangan Tesla, Optimus dikenalkan di Tesla AI day.
Robot rancangan Tesla, Optimus dikenalkan di Tesla AI day.

CEO Tesla Elon Musk mengaku ingin menjual robot humanoid mereka, Optimus, dengan harga yang lebih murah dari mobil. Ia memberi kisaran harga sekitar 20 ribu dolar AS atau sekitar 300 jutaan saja.

Elon Musk mengungkapkan itu saat mengenalkan Optimus dalam acara Tesla AI Day 2022, Jumat waktu setempat atau Sabtu (1/10/2022) WIB.

"Kami harapkan harganya bisa lebih murah daripada mobil, jadi...saya akan mengatakan mungkin di kisaran 20 ribu dolar (AS)," kata dia.

Rencananya Elon akan memproduksi Optimus secara massal, sekitar 1 juta unit pada penjualan pertama. Optimus diperkirakan sudah bisa dipesan sekitar tiga sampai lima tahun lagi.

Baca: - Tesla Luncurkan Optimus, Robot Manusia yang Bisa Dipesan Sekitar 2027

"Gol kami adalah membuat robot humaoid yang berguna bagi manusia secepat mungkin," kata Elon Musk.

Ada dua robot dipamerkan Musk dalam acara ini. Yang pertama, adalah model yang bisa berjalan, berjoget, dan melambai di atas panggung. Yang kedua bisa menggerakan lengan dan jari, tangannya pun bisa menggenggam, namun belum bisa berjalan sendiri, masih menggunakan pengontrol.

"Ia belum terlalu siap untuk berjalan, namun saya pikir ia akan berjalan dalam beberapa pekan mendatang," kata Musk soal robot kedua.

Ptototipe Optimus kedua memiliki bobot sekiat 73 kilogram. Ia mengombinasikan perangkat computing yang dimiliki teknologi berkendara otonom Tesla, yang disebut FSD.

Baterainya berkapasitas 2,3 kilowatt jam. Kapasitas tersebut "cukup untuk bekerja seharian," kata salah seorang insinyur Tesla. Saat duduk, Optimus mengonsumsi sekitar 100 watt, semantara saat berjalan bisa 500 watt.

Sumber: Cnet

Baca juga:

- Cara Mudah Buat 'Hacker Background' di PC Kamu

- Cara Mudah Logout dari Akun Gmail di HP Android

- 10 Tips Amankan Data Pribadimu di Dunia Maya

- Tiga Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen (Update 2022)

- Cara Praktis Download Video Youtube Bebas Hak Cipta di Y2mate

sumber : https://ruangtekno.republika.co.id/posts/180610/elon-musk-ingin-jual-murah-robot-optimus-sekitar-rp-300-jutaan-saja
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile