Di Kemang, Gus Muhaimin Jalan Santai dan Gelar Budaya Bareng Forkabi

Kata Muhaimin, Forkabi salah satu organisasi yang berperan penting merawat persatuan

Ahad , 02 Oct 2022, 06:43 WIB
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengikuti Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022 bersama Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Selatan.
Foto: DPR
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengikuti Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022 bersama Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengikuti Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022 bersama Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Selatan dan masyarakat setempat di Jakarta, Ahad (2/10/2022) pagi. Kegiatan tersebut digelar untuk menggantikan Festival Palang Pintu Kemang.

Gus Muhaimin mengapresiasi Forkabi yang dinilainya sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ia menyatakan, Forkabi adalah salah satu organisasi yang punya peran penting dalam merajut persatuan dan kesatuan antar sesama.

"Tujuan Forkabi saya kira itu, ngapain bikin Forkabi, ngapain bikin organisasi kesukuan Betawi kecuali satu, semakin mendekatkan hati di antara kita semua. Semakin menjaga silaturahmi di antara kita, agar kita saling bahu membahu, bantu membantu, apabila ada yang memiliki kekurangan dan kelemahan," tutur Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendorong Jalan Sehat Kemang dan Gelar Budaya 2022 di Jakarta Selatan menjadi pemantik kebahagiaan bagi daerah lain sekaligus sarana pelestarian budaya asli Indonesia.

"Bersama Jakarta Selatan insyaallah wujud kebahagiaan kesejahteraan kita buktikan di antara solidaritas kita. Kita ingin Jaksel, khususnya Jakarta dan Indonesia pada umumnya bukan hanya selamat, bukan hanya kuat, tetapi bahagia dan membahagiakan," kata Gus Muhaimin.

photo
Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengikuti Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022 bersama Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Selatan. - (DPR)
Gus Muhaimin menaruh harapan besar event semacam Gelar Budaya tersebut dapat menggerakkan kegiatan ekonomi di Kemang pascapandemi. Dengan festival ini, imbuh dia, kelestarian budaya Betawi dapat dipelihara sekaligus mempercepat perbaikan ekonomi.

"Ibu-ibu bapak-bapak sekalian ini dunia lagi kacau, negara-negara lain pada bangkrut. Kita berdoa moga-moga Indonesia selamat dan menyelamatkan. Moga-moga Indonesia jauh dari musibah dan masalah," tukas Gus Muhaimin.

Sebelumnya, panitia Jalan Santai Kemang yang juga Ketua DPD Forkabi Jakarta Selatan, Mustofa Murtadho mengatakan mengatakan tujuan acara ini adalah melestarikan budaya Betawi dengan penampilan ondel-ondel hingga gambang keromong. 

Panitia juga menggabungkan acara budaya ini dengan kegiatan olahraga jalan santai dan Bazar Kuliner seperti halnya Festival Palang Pintu yang digelar rutin setiap tahun. 

“Biasa yang kita laksanakan adalah Festival Palang Pintu, sekarang kita coba ubah cara pikir, kita membuat acara Jalan Santai Kemang” ujarnya.