Jumat 07 Oct 2022 13:10 WIB

Persiapan ke SEA Games, 20 Pebasket Muda Jalani Pemusatan Latihan di Amerika Serikat

persiapan maksimal kita lakukan agar bisa pertahankan prestasi di Sea Games

Red: Muhammad Akbar
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kiri) bersama Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.
Foto: DOK Perbasi
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kiri) bersama Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  — Sebanyak 20 pemain basket muda dikirim oleh PB Perbasi ke Las Vegas Amerika Serikat untuk menjalani pemusatan latihan sebagai bagian dari persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja.

Menurut Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan resminya di Jakarta, pemain muda terpilih tersebut bakal menjalani pemusatan latihan di Negeri Paman Sam mulai Jumat (7/10) hingga 11 November.

"Di SEA Games Hanoi lalu kita dapat emas. Dengan capaian itu pasti membuat negara lain tertantang mengejar Indonesia. Apalagi kami sadari bahwa mempertahankan itu tidak akan semudah ketika meraih. Karena itu, persiapan maksimal kita lakukan agar bisa pertahankan apa yang sudah kita raih dan bawa bangga Indonesia," kata Nirmala.

Pemusatan latihan yang akan dikonsentrasikan di Impact Basketball adalah rangkaian program setelah para pemain Timnas Indonesia berlatih di GBK Arena sejak 12 September lalu. Selama di Jakarta, pelatih melihat potensi 75 pemain yang dipanggil dalam tiga gelombang.

PP Perbasi sengaja mengirim pemain muda ke Amerika untuk menguatkan kemampuan individual dan kerja sama tim. Harapannya, mereka bisa mengejar level para senior ketika disatukan dalam tim dalam SEA Games Kamboja.

"Kita berharap di Amerika menjadi lebih bagus dan berkompetisi dengan pemain basket yang di Impact, bukan hanya yang ada di timnas. Jadi saat di sini (kembali ke Indonesia) kita bisa lebih bagus dari sebelumnya. Mudah-mudahan target SEA Games tercapai," kata salah satu pemain timnas Ali Bagir Al Haddar.

Sekembalinya di Indonesia, menurut Ketua PP Perbasi Danny Kosasih, tim akan diturunkan dulu di IBL Indonesia tahun depan. Mereka akan berjuang di bawah bendera Indonesia Patriots. Namun jika ada pemain yang dibutuhkan klub, dipersilakan bergabung dengan klub pada IBL nanti.

"Jadi nanti kita akan memiliki dua tim Indonesia Patriots. Yang satu main di IBL dan satu lagi bersaing di kompetisi kelompok umur 19-23 tahun. Dengan memperbanyak jam terbang untuk pemain muda, harapan kami mereka bisa matang pada waktunya," kata Danny.

Daftar 20 nama pemain muda yang dikirim ke Amerika Serikat :

1. Yudha Saputera

2. Widyanta Putra Teja

3. Ali Bagir Al Haddar

4. Hendrick Xavi Yonga

5. Yesaya Saudale

6. Mohamad Arighi

7. Antoni Erga

8. Karl Patrick Gloria

9. Ida Bagus Ananta Wisnu Putra

10. Elgi Wimbardi

11. Justin Jaya Wiyanto

12. Erick ibrahim

13. Andrew Lensun

14. Julian Chalias

15. Dame Diagne

16. Serigne Modou Kane

17. Fernando Manansang

18. Daniel Salamena

19. Mohammed Aymane Garudi Arip

20. Rafael Pasha

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement