Jumat 04 Nov 2022 19:00 WIB

Dua Profesor IPB Masuk Top 100 Ilmuwan Terbaik Asia Bidang Marketing

AD Scientific Index menilai ilmuwan yang berasal dari 19.300 institusi dan 216 negara.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Prof Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Prof Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, masuk daftar Top 100 Ilmuwan Terbaik Asia bidang marketing. Foto : ipb.ac.id
Prof Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Prof Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, masuk daftar Top 100 Ilmuwan Terbaik Asia bidang marketing. Foto : ipb.ac.id

Kampus— Dua orang profesor IPB University masuk dalam daftar pemeringkatan dunia AD Scientific Index untuk bidang ilmu marketing. Mereka adalah Prof Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Prof Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Sebelumnya lembaga perangkingan ilmiah AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index) mengumumkan World Top 100 Scientist Rankings 2023. Indeks ilmiah yang dikembangkan oleh Prof Murat ALPER dan Associate Prof Cihan DOGER ini merupakan sistem peringkat dan analisis ilmuwan di dunia berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah mereka. Selain itu, indeks ini memberikan peringkat institusi berdasarkan karakteristik ilmiah dari ilmuwan yang berafiliasi.

Adapun basis penilaian dan pemeringkatan ilmuwan seperti yang dilansir dari laman AD Scientific Index adalah dilihat dari produktivitas dan efektivitas kerja peneliti dalam lima tahun terakhir. Sejumlah indikator yang disajikan dalam pemeringkatan ini di antaranya adalah h-index, i10 index dan jumlah sitasi. Pada tahun ini AD Scientific Index menilai ilmuwan yang berasal dari 19.300 institusi dan 216 negara.

Dari sebanyak 1.185 ilmuwan bidang marketing yang masuk dalam perangkingan tingkat Asia, Ujang Sumarwan menduduki peringkat 58, sementara Mukhamad Najib menduduki peringkat 82. Selain itu, berdasarkan kategori ilmu bisnis dan manajemen, kedua professor IPB University ini masuk dalam Top 2 persen ilmuwan berpengaruh bidang bisnis dan manajemen di Indonesia.