Ahad 06 Nov 2022 14:00 WIB

Suka Bikin Reels di Instagram dan Facebook? Simak Fitur Terbarunya

Kreator bisa mengedit video reel langsung di Instagram tanpa perlu aplikasi lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Fitur Reels di Instagram. Pengguna Instagram yang gemar membuat Reels kini bisa menjumpai sejumlah fitur baru di layanan tersebut.
Foto: Instagram
Fitur Reels di Instagram. Pengguna Instagram yang gemar membuat Reels kini bisa menjumpai sejumlah fitur baru di layanan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna Instagram yang gemar membuat Reels kini bisa menjumpai sejumlah fitur baru di layanan tersebut. Kreator tidak perlu lagu menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam membuat atau mengedit Reels yang ingin mereka bagikan di Instagram. 

Sekarang, proses tersebut bisa dilakukan secara langsung, dari aplikasi-aplikasi populer seperti Smule dan semacamnya. Hal tersebut diumumkan oleh perwakilan Meta, yang menaungi platform media sosial Facebook dan Instagram. 

Baca Juga

Direktur pemasaran produk untuk kreator di Meta, Ivana Kirkbride, menyampaikannya pada acara Creator Week 2022 yang berlangsung pekan ini di Bali dan dihadiri oleh 120 kreator dari seluruh Asia Pasifik. Selain di Instagram, ada juga beberapa fitur baru di Facebook Reels.

"Kami berharap fitur-fitur ini dapat membantu kreator menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi monetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram," kata Ivana lewat pernyataan resminya yang diterima Republika.co.id.

Layaknya fitur "Collabs" di Instagram, pengguna Reels di Facebook sekarang bisa menandai atau tagging pengguna lain untuk membagikan konten di feed mereka secara bersamaan. Fitur ini sangat populer di Indonesia karena telah terbukti dapat meningkatkan jumlah views yang dihasilkan. 

Facebook Reels Explore pun menjadi destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending. Dengan begitu, fitur bisa memberikan kreator inspirasi mengenai topik yang sedang populer dan memikirkan cara inovatif untuk menarik audiens baru. 

Facebook Reactions di Reels memberikan fans sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan konten. Ada juga Branded Content di Facebook Reels sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator menghasilkan uang, yang secara resmi diperluas ketersediaannya.

Layaknya di Instagram, pengguna Facebook Reels bisa menandai atau tagging sebuah merek yang menjadi partner dari kerjasama mereka, atau yang lebih dikenal dengan paid partnership. Selain itu, profil Facebook bisa menerapkan mode profesional.

Itu adalah pilihan pengaturan profil baru di Facebook yang didesain khusus untuk kreator. Melalui mode profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang secara langsung dari Facebook melalui fitur seperti Stars dan pendapatan iklan. 

Mereka juga juga dapat mengakses laporan analitik, materi-materi edukasi, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna aplikasi Instagram dan Facebook versi terbaru di Android dan iOs.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement