Senin 05 Dec 2022 12:18 WIB

Aplikasi Berbagi Lokasi Zenly Tutup Februari 2023, Begini Nasib Data Pengguna

Pada akhir periode 60 hari penghentian Zenly, semua data pengguna akan dihapus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi berbagi lokasi Zenly akan ditutup pada Februari 2023. Kabar tersebut diumumkan lewat situs web dan akun Instagram-nya.

“Sudah lebih dari 3.000 hari sejak Zenly hadir. Sekarang hanya tersisa 60 hari sebelum akhirnya kami tutup, tetapi cintaku padamu akan terus bertambah kuat,” kata @zenlyapp.

Baca Juga

Apa itu Zenly?       

Dikutip Life 360, Senin (5/12/2022), Zenly adalah aplikasi berbagi lokasi unik yang berasal dari Paris, Prancis, pada tahun 2011. Premis dari aplikasi seluler ini agar teman-teman dapat dengan mudah melihat dan berbagi lokasi mereka satu sama lain di peta interaktif. Yang membuat Zenly menonjol di antara para pesaingnya adalah fokusnya untuk menjadikan peta sebagai bintang aplikasi.

Dengan penambahan fitur menyenangkan dan interaktif seperti “Share Your World,” perpesanan dalam aplikasi, peta yang dapat disesuaikan dengan tempat favorit, dan lokasi real-time, Zenly dengan cepat menjadi salah satu dari sepuluh aplikasi sosial teratas untuk iOS dan Android.

Kenapa Zenly Tutup?

Sayangnya, iklim ekonomi saat ini membuat Zenly sulit mempertahankan operasinya. “Kami senang Anda dapat menikmati Zenly, mengirim spam emoji ke teman Anda saat bepergian, mengirim pesan di saat yang tepat, bergabung dengan teman Anda saat mereka sedang bersama. Namun, inilah saatnya bagi kami untuk mengucapkan selamat tinggal 😢 Zenly akan selalu mencintaimu,” tulis Zenly dalam situs webnya.

Banyak warganet yang tidak terima aplikasi Zenly akan tutup. Sejumlah komentar mereka mengindikasikan agar Zenly terus hadir dengan menerapkan biaya tambahan. “Kami akan membayar untuk Zenly,” tulis salah seorang warganet @denisappq. Zenly akan resmi tutup pada 3 Februari 2023.

Apa yang akan terjadi dengan data pengguna?

Pada akhir periode 60 hari penghentian Zenly, semua data pengguna akan dihapus. Platform tidak memiliki rencana untuk menyimpan data pengguna apa pun. Jika pengguna tertarik untuk mengunduh data sebelum Zenly dimatikan, berikut cara untuk mengunduh data:         

1.Buka Zenly

2.Pergi ke “Settings.”

3.Ketuk "Need some help."

4.Klik “Send a request.”

“Anda akan diberi tahu segera setelah siap :) dan tim kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat mengaksesnya dengan aman <3,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement