Selasa 20 Dec 2022 09:23 WIB

Daya Tahan Tubuh Orang Papua Terbantu oleh Protein Tambelo, Ulat Sagu, dan DNA Manusia Purba Denisov

Orang Papua memiliki daya tahan tubuh karena mengonsumsi protein dan tentu saja karena memiliki DNA manusia purba Denisovan dari Siberia.

Rep: oohya! I demi Indonesia/ Red: Partner
.
Foto: network /oohya! I demi Indonesia
.

Orang Papua sedang menari, Memiliki daya tahan tubuh yang bagus karena DNA<a href= manusia purba Denisovan dan protesin tambelo dan ulat sagu (foto: priyantono oemar" />
Orang Papua sedang menari, Memiliki daya tahan tubuh yang bagus karena DNA manusia purba Denisovan dan protesin tambelo dan ulat sagu (foto: priyantono oemar

Fosil manusia purba Denisovan ditemukan di Siberia, yang jaraknya hampir 8.000 km dari Papua. Tapi DNA Denisovan menurun ke orang Papua dan membantu daya tahan tubuh orang Papua.

Kali pertama saya ke Papua terjadi pada 2005 untuk melihat Festival Kamoro di sebuah kampung di Mimika. Bertemu dengan Kal Muller, konsultan budaya Freeport yang mendampingi warga Kamoro mengembangkan seni ukir. Tinggal di kampung, Kal Muller hidup bersama masyarakat. Dari dialah saya mendapat cerita soal tambelo, cacing batang bakau. Menurut dia, tambelo memiliki protein yang tinggi.

Memiliki nama Latin Bactronophorus Sp, tambelo mengandung kadar protein mencapai 8,21 persen sebelum fermentasi dan menjadi 9,5 persen setelah fermentasi. Demikian hasil penelitian Institut Partanian Bogor (IPB) pada 2015 berjudul Komposisi Kimia Tambelo (Bactronophorus Sp.) Dan Karakteristik Produk Hasil Fermentasinya.

Selain tambelo, ada pula ulat sagu (Rhynchophorus ferrugenesis) yang juga memiliki kandungan protein yang angat tinggi. Kandungan proteinnya mencapai 32,54 persen. Demikian menurut penelitian Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) pada 2018.

Pada kunjungan di Mimika itu, saya juga bertemu dengan dokter rumah sakit Freeport. Ia bercerita soal pasian orang Papua yang harus berjalan sehari semalam dari kampungnya untuk bisa tiba di rumah sakit. Begitu tiba di pintu rumah sakit, orang itu langsung jatuh pingsan. Setelah diperiksa trombositnya tinggal 8.000. Dokter-dokter pun tentu kaget, dengan trombosit hanya 8.000 masih bisa berjalan sehari semalam dari kampungnya untuk berobat.