Rabu 21 Dec 2022 22:04 WIB

Pubertas Dini pada Anak Bisa Sebabkan Postur Tubuh Pendek

Pubertas akan membuat anak berhenti bertumbuh secara fisik.

Red: Nora Azizah
Pubertas akan membuat anak berhenti bertumbuh secara fisik.
Foto: republika/mgrol100
Pubertas akan membuat anak berhenti bertumbuh secara fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dokter Spesialis Anak Dinar Handayani Asri Hariadi mengatakan, pubertas atau akil baligh dini pada anak di bawah rentang usia pada umumnya bisa berdampak secara fisik, salah satunya akan bertubuh pendek.

"Karena saat anak yang lain secara normal akan bertumbuh sesuai fasenya, mereka yang pubertas dini akan mengalami penghentian pertumbuhan tubuh karena sudah terlebih dahulu mengalami pubertas," katadokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, ada dua kategori yang menyebabkan seorang anak mengalami pubertas dini atau di bawah rentang usia pada umumnya, yaitu terjadi di bagian sentral gangguan pada pusat pengatur hormon otak, atau perifer di alat genitalia.

Ia mengatakan, penyebab pubertas dini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti tumor atau bisa juga dari faktor karena tidak terbentuknya kelenjar dari paparan hormon yang berlebih akibat gaya hidup dan makanan. Bisa pula sebagai dampak dari obat-obatan dari penyakit tertentu yang dialami anak.