Kamis 22 Dec 2022 16:03 WIB

Fosil Berusia 120 Juta Tahun Ungkap Mamalia Pertama yang Dimakan Dinosaurus

Fosil tersebut pertama kali dideskripsikan pada tahun 2000.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Jejak dinosaurus. ilustrasi
Foto: Megan Jacobs via the hindu
Jejak dinosaurus. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Fosil dinaosaurus microraptor yang berusia 120 juta tahun mengungkapkan makanan yang mengejutkan yang pernah dikonsumsi dinosaurus. Fosil tersebut pertama kali dideskripsikan pada tahun 2000.

Kemudian para ilmuwan melakukan analisis ulang terhadap fosil tersebut. Hasil studi dijelaskan dalam Journal of Vertebrate Paleontology yang didasarkan pada penelitian sebelumnya terhadap fosil Microraptor Zhaoianus yang ditemukan di Formasi Jiutang di China barat.

Baca Juga

Berdasarkan temuan terbaru, dinosaurus yang seukuran kucing terbukti makan mamalia karena ditemukan tulang kaki mamalia di dalam tulang rusuk raptor. Meskipun fosil itu kehilangan bagian tengah tubuhnya, tetapi tulang rusuknya terlihat. Di dalamnya ada tulang kanan kaki kecil yang berukuran kurang dari setengah inci, terawetkan dengan sempurna.

Microraptor adalah dinosaurus karnivora berjari tiga yang menghuni pepohonan di bumi dan merupakan salah satu dinosaurus terkecil yang pernah ditemukan. Fosil spesies mikroraptor yang berbeda menunjukkan bukti adanya bulu panjang di setiap tungkai yang mungkin digunakan untuk meluncur.

“Sangat jarang menemukan contoh makanan di dalam dinosaurus sehingga setiap contoh sangat penting karena memberikan bukti langsung tentang apa yang mereka makan," kata ahli paleontologi di Queen Mary University of London dan penulis pertama studi, David Hone, dikutip CNET, Kamis (22/12/2022).

Meskipun para ilmuwan sudah mengetahui makanan yang berakhir di perut microraptor, mereka masih belum yakin spesies mana kaki itu berasal. Kaki ramping yang mirip dengan mamalia kecil yang sudah punah seperti possum yang dikenal sebagai Sinodelphys atau Eomaia yang lebih mirip tikus. Misteri lain yang belum terpecahkan adalah apakah microraptor memangsa mamalia itu atau hanya mengaisnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement