Kamis 29 Dec 2022 18:33 WIB

Dinkes DKI Buka 70 Lokasi Vaksinasi di Akhir Tahun

Dinkes DKI Jakarta membuka sebanyak 70 lokasi vaksinasi di akhir tahun ini.

Red: Bilal Ramadhan
Warga antre untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 saat Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan MH Thamrin, Jakarta. Dinkes DKI Jakarta membuka sebanyak 70 lokasi vaksinasi di akhir tahun ini.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Warga antre untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 saat Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan MH Thamrin, Jakarta. Dinkes DKI Jakarta membuka sebanyak 70 lokasi vaksinasi di akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka sebanyak 70 lokasi vaksinasi untuk melayani masyarakat saat akhir pekan hingga Februari 2023.

"Lokasi vaksinasi Covid-19 akhir pekan sampai Februari 2023 di Jakarta, untuk KTP seluruh Indonesia," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga

Adapun vaksin Covid-19 yang disediakan yakni Pfizer, Zifivax dan Indovac untuk dosis 1,2,3 dan 4. Adapun dosis empat saat ini prioritas untuk tenaga kesehatan dan warga lanjut usia (lansia) berusia di atas 60 tahun. Sedangkan vaksinasi dosis ketiga untuk warga usia di atas 18 tahun ke atas.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan DKI, sebaran 70 lokasi vaksinasi Covid-19 itu tersebar paling banyak di puskesmas kecamatan dan kelurahan, rumah sakit, rumah susun, Ruang Pelayanan Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Kemudian, ada juga di klinik, pusat perbelanjaan dan khusus di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu 31 Desember 2022, pukul 08.00-12.00 WIB.

Untuk lokasi dan jadwal lengkap lokasi vaksinasi di enam wilayah DKI, masyarakat dapat mengakses tautan di Instagram Dinkes DKI Jakarta. Sedangkan vaksinasi Covid-19 untuk sore dan malam hari dapat diakses pada Senin-Jumat, mulai pukul 16.00-20.00 WIB di 44 Puskesmas Kecamatan di DKI.

Dinkes DKI mengimbau masyarakat untuk melengkapi vaksinasi untuk mencegah pemburukan dari penularan Covid-19 termasuk varian baru. Saat ini, Dinkes DKI menyebutkan ada varian baru yakni BF7 yang merupakan turunan omicron BA5 yang ditemukan di China dan sejumlah negara.

Dinkes DKI mencatat saat ini baru 58 persen lansia Jakarta yang sudah mendapatkan vaksin dosis tiga dan baru 20 persen lansia dosis empat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, target vaksinasi untuk lansia di DKI Jakarta mencapai 761.279 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement