Kamis 20 Dec 2012 20:34 WIB

Perkenalkan EVDO, Jaringan Cepat Tanpa Ribet

Red: M Irwan Ariefyanto
bagan evdo
Foto: corbinball.com
bagan evdo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam teknologi komunikasi seluler, terdapat dua tipe jaringan yaitu GSM dan CDMA. Kedua jaringan ini memiliki karakteristik yang berbeda dalam cara mereka bekerja.  Keduanya menyediakan akses transmisi suara dan data berkecepatan tinggi.

EVDO (Evolution Data Only/Optimized) adalah suatu standar untuk transmisi data yang khusus dipakai oleh jaringan CDMA. Dalam perkembangannya EVDO telah mengalami tiga kali upgrade dari sisi teknologi. Ini dilakukan guna meningkatkan kecepatan transmisi data dan stabilitas koneksi. Diawali dengan EVDO Rev. 0 yang memiliki kecepatan download mencapai 2,4 Mbps. Berlanjut ke EVDO Rev. A yang memiliki kecepatan download sampai 3,1 Mbps. Upgrade ketiga yang menghasilkan EVDO Rev. B dengan kecepatan download mencapai 14.7 Mbps. “Jaringan CMDA memang dari awal dioptimalkan untuk transmisi data berkecepatan tinggi dibandingakan dengan GSM”, ujar Hendry Setyadji dari Team Data Product Smartfren.

EVDO dipastikan dapat melayani kosumen dengan akses internet berkecepatan tinggi dan stabil. “Pengaturan jaringan CDMA jauh lebih mudah dibandingkan dengan GSM terutama saat upgrading, oleh karena itu kami dapat menyediakan pelayanan yang lebih stabil dan tertunya murah”, tambah Hendry.

Penulis: Ryan Ari Prasetyo RR – Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Trisakti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement