Jumat 20 Jan 2023 01:06 WIB

Babak Pertama, Riyadh All Star 2-2 PSG, Ronaldo dan Messi Cetak Gol, Bernat Kartu Merah

Neymar gagal mengeksekusi penalti untuk PSG.

Red: Israr Itah
Penyerang PSG Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Riyadh All Star
Foto: EPA-EFE/STR
Penyerang PSG Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Riyadh All Star

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duel Cristiano Ronaldo kontra Lionel Messi di Riyad, Arab Saudi, berlangsung menarik. Babak pertama dihiasi gol-gol, kartu merah, dan kegagalan penalti. Riyadh All Star (Riyadh Season Team XI) sementara menahan imbang PSG 2-2 di Stadion Internasional King Fahd, Jumat (20/1/2023) dini hari WIB.

Messi mencetak gol pembuka untuk PSG, yang dibalas Ronaldo melalui sepakan penalti. Namun Marquinhos berhasil membawa PSG memimpin setelah kehilangan Juan Bernat yang dikartu merah. PSG punya kesempatan memperbesar skor pada pengujung laga tapi Neymar gagal mengeksekusi penalti. Ronaldo menyamakan skor menjadi 2-2 pada injury time.

Baca Juga

Laga Riyadh All Star vs PSG tampaknya seperti pertandingan ekshibisi biasa dan menjadi reuni yang dinanti antara Ronaldo dan Messi. Keduanya bertegur sapa dengan hangat sebelum laga.

Namun semuanya berubah setelah kick-off. Kedua tim menunjukkan permainan menawan layaknya laga ketat pada suatu kompetisi. Bahkan, PSG harus kehilangan Juan Bernat pada menit ke-39 karena mengganjal pemain Riyadh All Star yang berpeluang mencetak gol.

Namun sebelum itu, stadion berkapasitas 68 ribu lebih penonton itu sudah riuh sejak para pemain melakukan pemanasan. Suasana makin meriah ketika Messi mencetak gol pada menit ketiga memanfaatkan umpan Neymar dan kesalahan penjaga gawang Mohammed Al Owais yang maju meninggalkan sarangnya.

Riyadh All Star yang lebih sering tertekan karena kecepatan Kylian Mbappe di sisi kiri berusaha keras menyamakan kedudukan. Usaha itu berhasil saat Ronaldo ditinju kiper PSG Keylor Navas saat hendak menanduk bola umpan rekannya di depan gawang dari tendangan bebas. Wasit menunjuk titik putih. Ronaldo yang masih kesakitan dan dengan wajah sedikit memar berhasil menaklukkan Navas pada menit ke-34. Selebrasi khas Ronaldo pun diiringi teriakan "Siuuuuu" yang bergema di Stadion King Fahd.

PSG kemudian terus menyerang, tapi justru tersengat serangan balik Riyadh All Star. Berawal dari sepak pojok yang gagal, Riyadh All Star membalas dengan serangan cepat. Bernat berusaha menghentikan Salem Al Dawsari yang membawa bola, tapi dilakukan dengan ilegal. Karena ia pemain terakhir sebelum kiper Navas, wasit tak ragu mengeluarkan Bernat pada menit ke-39.

Namun saat kekurangan pemain, PSG justru bisa kembali unggul. Marquinhos menyambar bola di depan gawang memanfaatkan kelemahan kordinasi pertahanan Riyadh All Star pada menit ke-43.

PSG kemudian mendapatkan penalti pada menit ketiga injury time saat Neymar diganjal ketika hendak mengecoh penjaganya di kotak 16. Awalnya wasit mengabaikan, tapi setelah melihat VAR, PSG mendapatkan hadiah penalti. Sayang Neymar gagal menjadi eksekutor. Tendangan pelannya bisa ditebak Al Owais.

Saat laga hendak berakhir, Riyadh All Star melancarkan tekanan. Dalam situasi kemelut, Ronaldo berhasil membobol gawang PSG lewat tendangan kerasnya dari jarak dekat. Laga babak pertama pun berakhir imbang 2-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement