Kamis 26 Jan 2023 08:27 WIB

Pemprov DKI Jakarta Gandeng ESQ Dorong ASN Pahami Core Values BerAKHLAK

Diharapkan ASN Jakarta bisa menjalankan program-program dari Pj. Gubernur.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian pada acara Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Jakarta Equistrian Park, Jakarta Timur, pada Rabu (25/1/2022).
Foto: Dok. Web
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian pada acara Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Jakarta Equistrian Park, Jakarta Timur, pada Rabu (25/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama ESQ/Accelerated Culture Transformation (ACT) International menyelenggarakan Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta, bertempat di Jakarta Equistrian Park, Jakarta Timur, pada Rabu (25/1/2022).

Nilai-nilai dasar ASN itu diluncurkan secara resmi oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan mengundang Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian sebagai narasumber.

Baca Juga

Heru mengatakan, core values BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif harus menjadi nilai dasar yang menjadi pedoman seluruh ASN Provinsi DKI Jakarta dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Jadikanlah budaya kerja BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa sebagai pedoman dan nilai dasar dalam bekerja, mengabdi, melayani masyarakat, serta memajukan Kota Jakarta," ujar Heru.

Menurutnya, core values ini adalah sebagai bagian dari strategi akselerasi transformasi SDM aparatur dalam mendukung reformasi birokrasi serta peningkatan kinerja yang berkelanjutan menuju pemerintahan yang berkelas dunia.

"Maka, ikuti acara ini sebaik mungkin. Karena kita semua akan menyimak paparan dari Pak Ary Ginanjar Founder ESQ Group terkait penyebarluasan dan penanaman core values ASN BerAKHLAK di lingkup Pemprov DKI Jakarta," kata Heru.

Heru menegaskan bahwa setiap tugas yang akan dilakukan dapat dilaksanakan dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab. Karena itu, lanjutnya, setiap perangkat daerah perlu melakukan sosialisasi dan membudayakan Core Values BerAKHLAK secara konsisten dan berkelanjutan agar setiap ASN dapat memahami dan mengimplementasikannya secara baik dan benar.

"Saya tegaskan sekali lagi bahwa setiap ASN harus memiliki integritas tinggi dan berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jangan buka peluang dan kesempatan kepada pihak-pihak yang berpotensi mengajak ke dalam praktik KKN," tegasnya.

Sementara itu, Ary Ginanjar dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini berada di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) atau disebut juga jaman yang serba tidak pasti, berubah dengan cepat, ketidakjelasan dan lainnya. Oleh karena itu, ia memberikan tips kepada ribuan orang dihadapannya yakni dengan 5 Super Agility yaitu Change agility, Mental agility, People agility, Learning agility dan Result agility).

“Artinya, sebagai ASN yang akan menjadi calon pemimpin bangsa, kalian harus memiliki 5 agility, change agility yakni mampu beradaptasi dengan perubahan apapun, mental agility yakni mampu bertahan dalam kondisi apapun, people agility yakni mampu bekerja sama dengan siapapun, learning agility yakni mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, dan result agility yakni mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun,” kata Ary.

Ary berharap para ASN Pemprov DKI Jakarta bisa menjalankan program-program dari Pj. Gubernur DKI Jakarta yakni soal kemacetan, banjir, ekonomi. Namun ia juga mengusulkan untuk menambahkan 1 program lagi perihal etika atau karakter bangsa. Sehingga Indonesia tak hanya sampai ke periode Indonesia Emas 2045 melainkan Indonesia Atap Dunia di tahun 2085.

"Sebelum ke sana, kita lihat hasil dari rata-rata implementasi core values BerAKHLAK ASN di DKI Jakarta yang menunjukkan bahwa pegawai ASN sudah mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari dengan baik, yaitu dengan skor 60,9% dengan kategori Cukup Sehat. Akuntabel memiliki nilai implementasi tertinggi khususnya perilaku Bertanggung jawab di tahun 2022, yaitu dengan skor 74,1% kategori cukup sehat," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement