Selasa 31 Jan 2023 16:30 WIB

Amalan Abdullah bin Abbas saat Mendapat Kabar Keluarganya ada yang Meninggal

Abdullah bin Abbas mengerjakan sebuah amalan saat dengar keluarganya meninggal.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Amalan Abdullah bin Abbas saat Mendapat Kabar Keluarganya ada yang Meninggal. Foto: Sahabat Nabi yang meninggal  (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Amalan Abdullah bin Abbas saat Mendapat Kabar Keluarganya ada yang Meninggal. Foto: Sahabat Nabi yang meninggal (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Maualan Muhammad Zakariyya dalam kitab Fadhilah Amal menuliskan kisah sahabat Nabi Muhammad yang mendapatkan informasi anggota keluarganya ada yang meninggal. Sang sahabat Nabi yang dimaksud adalah Sayyidina Abdullah bin Abbas RA.

Suatu hari ketika dalam perjalanan Sayyidina Ibnu Abbas RA, beliau mendapatkan kabar bahwa anaknya telah meninggal dunia. Ia segera turun dari untanya, kemudian sholat dua rakaat lalu membaca.

Baca Juga

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali," katanya.

Setelah itu ia berkata, "Aku telah melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Alquran. "Carilah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat." (Al-Baqarah ayat 45).

Terdapat kisah lain mengenai Sayyidina Ibnu Abbas ra. Saat dalam perjalanan Ia mendapatkan berita kematian saudara yang bernama Sayyidina Qutsam ra. Ia segera turun dan dari untanya dan mengerjakan sholat dua rakaat di pinggir jalan. Ia berdoa cukup lama dalam tasyahudnya. Kemudian ia berdiri untuk melanjutkan perjalanan Seraya membaca surah Al Baqarah ayat 45.

"Carilah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat dan sesungguhnya sholat itu sangat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu hatinya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement