Kamis 02 Feb 2023 10:51 WIB

Puskesmas di Kota Tangerang Gencarkan Vaksinasi Booster Kedua

Seluruh puskesmas Kota Tangerang menggencarkan vaksinasi booster kedua untuk dewasa.

Rep: RR Laeny Sulistyawaty/ Red: Bilal Ramadhan
Warga mengikuti vaksinasi booster COVID-19 di Vihara Boen San Bio, Kota Tangerang, Banten. Seluruh puskesmas Kota Tangerang menggencarkan vaksinasi booster kedua untuk dewasa.
Foto: ANTARA/Fauzan
Warga mengikuti vaksinasi booster COVID-19 di Vihara Boen San Bio, Kota Tangerang, Banten. Seluruh puskesmas Kota Tangerang menggencarkan vaksinasi booster kedua untuk dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, telah memulai pemberian vaksin Covid-19 dosis penguat (booster) kedua untuk masyarakat usia diatas 18 tahun, mulai (24/1/23) di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang. Salah satu Puskesmas yang telah melakukan pemberian vaksin Covid-19 booster kedua untuk di atas usia 18 tahun ialah Puskesmas Cipondoh. 

“Kami terus berupaya untuk mengatasi persebaran virus Covid-19. Puskesmas Cipondoh disetiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu membuka pelayanan pemberian vaksin Covid-19, mulai dari dosis 1, 2, booster 1 dan 2. Namun sekarang yang sedang digencarkan yaitu vaksin Covid-19 booster kedua ini untuk masyarakat yang sudah diatas 18 tahun,” kata Kepala Puskesmas Cipondoh Rizki Adirti, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga

Ia menambahkan, jenis vaksin Covid-19 booster kedua yang akan diberikan kepada masyarakat yakni jenis Pfizer sebanyak 100 vial yang telah dialokasikan ke Puskesmas Cipondoh. Untuk persyaratan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 booster kedua yakni diutamakan untuk mereka yg sudah lebih dari 6 bulan mendapatkan vaksinasi penguat dosis pertama.

“Jadi nantinya, pemberian dosis vaksin tersebut akan sesuai dengan vaksin booster pertamanya Pfizer maka booster keduanya akan diberikan 0,3 dosis Pfizer. Jadi jangan khawatir jika jenis vaksin yang didapatkan berbeda dengan apa ya kita miliki, karena jenis Pfizer ini dapat digunakan oleh kombinasi vaksin Covid-19 jenis lainnya,” ujarnya.

Ia pun memberikan ajakan untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk segera melakukan vaksin Covid-19 booster kedua. Karena dapat bermanfaat untuk mengembalikan imunitas yang hampir menurun setelah tiga bulan mendapatkan vaksin booster pertama, dan meningkatkan imunitas dari serangan virus Covid-19.

“Ayo masyarakat Kota Tangerang segera datang untuk mendapatkan vaksin Covid-19 booster kedua ini. Karena kita sedang dimasa peralihan dari pandemi ke endemi, dimana sudah tidak adanya PPKM, dan pembatasan-pembatasan lainnya. Maka dari itu vaksin Covid-19 booster kedua sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas kita,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement