Senin 20 Feb 2023 14:11 WIB

Kinerja Positif pada 2022, Ini Strategi XL Axiata

Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Teknisi jaringan XL Axiata menaiki tower untuk memeriksa perangkat BTS 4G di Kecamatan Mantingan, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (20/12/2022) (ilustrasi). Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan.
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Teknisi jaringan XL Axiata menaiki tower untuk memeriksa perangkat BTS 4G di Kecamatan Mantingan, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (20/12/2022) (ilustrasi). Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Hasil dari strategi personalisasi yang didukung dengan digitalisasi dan peningkatan kualitas jaringan, berhasil meningkatkan nilai NPS (Net Promoter Score) secara signifikan hingga sebesar 4,5x sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan.

Menurut Dian, hasil dari implementasi operasional berbasis digital melalui penerapan data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan untuk memenuhi permintaan kebutuhan seluruh segmen pelanggan. Data analytics ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi KPI (key performance indicator) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan. 

Baca Juga

"Dengan begitu, kami dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat," kata Dian melalui siaran pers yang diterima Republika, Senin (20/2/2023).

XL Axiata juga menjalankan strategi transformasi digital 2.0 untuk mengembangkan pengalaman pelanggan lewat aplikasi MyXL dan MyAxisnet. Kedua aplikasi telah memberikan hasil yang signifikan pada Desember 2022, yaitu tercatat sekitar 25 juta pelanggan telah aktif menggunakan MyXL dan MyAxisnet, dengan pertumbuhan pengguna aktif mencapai 62 persen. 

Aplikasi tersebut dapat mempertajam prediksi tentang tren yang akan datang dan perilaku pelanggan. Juga memungkinkan untuk memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.

Menurut Dian, akuisisi Linknet yang dilakukan pada 2022 lalu juga akan sangat mendukung pengembangan produk konvergensi ini di masa mendatang. Selain itu, XL Axiata juga telah menuntaskan akuisisi Hypernet.

"Langkah ini akan semakin memperkuat portofolio XL Axiata pada layanan korporasi (B2B). Melanjutkan akuisisi Linknet, XL Axiata bersama Linknet juga telah meluncurkan produk kolaborasi di kuartal ketiga 2022," kata Dian.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement