Rabu 08 Mar 2023 12:30 WIB

Perekonomian Cerah, Kinerja Bank Mandiri Ikut Semringah

Bank Mandiri berhasil membukukan laba bersih Rp 41,2 triliun sepanjang 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Karyawan Bank Mandiri menjelaskan instrumen investasi yang bisa dipesan melalui Livin by Mandiri kepada nasabah di Jakarta, Senin (6/3/2023).
Foto: Dok Republika
Karyawan Bank Mandiri menjelaskan instrumen investasi yang bisa dipesan melalui Livin by Mandiri kepada nasabah di Jakarta, Senin (6/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Awan kelabu pandemi Covid-19, perlahan mulai sirna. Seiring perekonomian yang kembali menggeliat, kinerja perbankan Himbara pun ikut terdorong.

PT Bank Mandiri Tbk sebagai salah satu anggota Himbara berhasil membukukan laba bersih Rp 41,2 triliun sepanjang 2022. Laba perseroan tumbuh 46,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy) sehingga memperkuat permodalan bank untuk melakukan ekspansi bisnis, terutama mendukung fungsi intermediasi dalam menyalurkan kredit.

Baca Juga

"Kinerja yang solid ini tak terlepas dari kondisi makroekonomi yang membaik, didukung oleh kebijakan strategis pemerintah dan regulator dalam menjaga stabilitas perekonomian," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers virtual Paparan Kinerja Kuartal IV 2022 Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Darmawan menuturkan, pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang oleh optimalisasi fungsi intermediasi perseroan yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif. Pertumbuhan kinerja yang solid sepanjang 2022 juga ditunjang strategi bisnis yang konsisten kepada segmen potensial dan proses optimalisasi digital sehingga tingkat efisiensi perseroan meningkat dan mendorong pertumbuhan volume bisnis pada semua segmen serta rasio dana murah (current account and saving account/CASA) Bank Mandiri tahun 2022.