Rabu 15 Mar 2023 15:57 WIB

Cina dan ASEAN Sepakat Intensifkan Konsultasi CoC Laut Cina Selatan

Cina dan ASEAN terus memajukan konsultasi tentang teks CoC di Laut Cina Selatan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Suasana laut Cina selatan (ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Suasana laut Cina selatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina Wang Wenbin mengatakan, Cina dan ASEAN telah sepakat mengadakan beberapa putaran ASEAN-China Senior Officials’ Meeting on the Implementation of the Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (SOM-DoC) dan ASEAN-China Joint Working Group on the Implementation of the DoC (JWG-DoC) tahun ini. Hal itu menjadi upaya para pihak untuk menghasilkan kemajuan dalam konsultasi Code of Conduct (CoC) Laut Cina Selatan.

Wang mengungkapkan, pada 8 -10 Maret lalu, pertemuan ke-38 dari JWG-DoC telah digelar di Jakarta. “Selama pertemuan tersebut, Cina dan negara-negara ASEAN terus memajukan konsultasi tentang teks CoC di Laut Cina Selatan dan melakukan pertukaran pandangan yang mendalam tentang implementasi DoC serta kerja sama praktis maritim,” katanya dalam pengarahan pers, Selasa (14/3/2023), dikutip laman resmi Kemlu Cina.

Baca Juga

“Para pihak juga telah mencapai kesepakatan mengenai rencana kerja tahun ini dan sepakat untuk mengadakan beberapa putaran pertemuan SOM-DoC dan JWG-DoC dalam tahun ini dan menghasilkan kemajuan yang lebih besar dalam konsultasi CoC,” ujar Wang menambahkan.

Pekan lalu, Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sdiharto R. Suryodipuro mengatakan, pengesahan peta jalan CoC Laut Cina Selatan diharapkan dapat dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 pada Mei mendatang. Menengok pembahasan dalam SOM-DoC, dia mengaku cukup optimistis.