Ahad 19 Mar 2023 08:55 WIB

WHO Desak Cina Rilis Semua Info Asal Usul Covid-19

Permintaan muncul usai temuan yang digunakan untuk melacak patogen Covid-19.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Virus Covid-19 (ilustrasi). Penasihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Cina untuk merilis semua informasi yang berkaitan dengan asal mula pandemi Covid-19.
Foto:

George mengatakan, GISAID yang mencatat urutannya, bukan para ilmuwan. "Semua ini harus diserahkan kepada para ilmuwan untuk dikerjakan, BUKAN untuk jurnalis atau publik. Kami sangat ingin mengetahui jawabannya," ujarnya.

Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan ditutup oleh otoritas Cina setelah virus korona baru muncul di kota itu pada akhir 2019. Pasar tersebut sejak itu menjadi fokus studi apakah virus tersebut telah menginfeksi beberapa spesies lain sebelum berpindah ke manusia.

WHO dan ilmuwan lain juga mengatakan mereka tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa virus itu muncul dari laboratorium dengan keamanan tinggi di Wuhan yang mempelajari patogen berbahaya. Cina menyangkal hubungan semacam itu.

Makalah pracetak 2022 mengatakan bahwa sebagian kecil dari 923 sampel yang dikumpulkan dari kios dan sistem pembuangan limbah di dalam dan sekitar pasar dinyatakan positif terkena virus. Tidak ada virus yang terdeteksi pada 457 sampel hewan yang diuji.

 

Laporan itu awalnya mengatakan bahwa anjing rakun tidak termasuk hewan yang diuji. Namun,  pernyataan SAGO menyatakan, analisis baru menunjukkan bahwa anjing rakun dan hewan lain mungkin telah ada sebelum pasar dibersihkan sebagai bagian dari intervensi kesehatan masyarakat. 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement