Rabu 26 Apr 2023 20:02 WIB

Dubes dan Konjen RI Sambut Ratusan WNI Evakuasi dari Sudan di Jeddah

WNI evakuasi dari Sudan diberangkatkan dari Port Sudan.

Red: Erdy Nasrul
Evakuasi WNI dari Sudan
Foto: Republika
Evakuasi WNI dari Sudan

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, didampingi Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono beserta Tim KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah pada hari ini Rabu 26 April 2023, sekitar pukul 09.00 waktu setempat telah menyambut kedatangan 557 Warga Negara Indonesia (WNI) evakuasi gelombang pertama dari Sudan menggunakan Kapal MV Amanah yang disediakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

Evakuasi gelombang pertama WNI Sudan ini terdiri dari 322 WNI laki-laki, 199 perempuan, dan 36 anak-anak. Para WNI tersebut diberangkatkan dari Port Sudan sehari sebelumnya dan memasuki wilayah Arab Saudi melalui Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah. 

Baca Juga

Sesuai arahan pimpinan Pemerintah RI, dan sejalan dengan memburuknya kondisi di Sudan akibat konflik bersenjata, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah telah diperintahkan melakukan berbagai persiapan evakuasi WNI di Sudan yang mayoritas adalah para mahasiswa, selain pekerja dan keluarganya dan staf KBRI di Khartoum, Sudan. Begitu kapal bersandar, WNI evakuasi Sudan tampak lega dan bahagia sambil mengibar-ngibarkan bendera merah putih di atas kapal.

Dubes RI untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, menyambut kehadiran WNI evakuasi di Pelabuhan Militer Jeddah setelah menunggu sejak dini hari di Pelabuhan Militer King Faisal Jeddah.