Senin 01 May 2023 14:30 WIB

Mengenal Jenis-jenis Investasi Syariah

Reksa dana syariah ini dikelola oleh unit khusus dan dikelola manajer investasi syariah.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
Foto: network /Vidita
.

Unsplash/Markus Winkler
Unsplash/Markus Winkler

Saat ini, investasi adalah bagian dari pengelolaan keuangan yang tidak dapat dikesampingkan. Bagi yang memiliki preferensi syariah, saat ini ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih, dikutip dari newsletter bulanan Bibit, antara lain:

Reksa Dana Syariah

Pada dasarnya, reksa dana syariah sebenarnya sama seperti reksa dana konvensional, namun pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. Produk reksa dana syariah ini dikelola oleh unit khusus dan dikelola oleh manajer investasi syariah.

Selain itu, reksa dana syariah memiliki banyak pilihan produk dan mencatatkan pertumbuhan market cap yang cukup tinggi.

• SBN Syariah Ritel

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan prinsip syariah, didasari oleh fatwa dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dua jenis dari SBN Syariah Ritel, adalah Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan.

• Saham Syariah

Merupakan efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah pasar modal. Beberapa indeks saham syariah antara lain, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Indeks (JII).

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَلَكَهٗ يَنَابِيْعَ فِى الْاَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهٖ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا اَلْوَانُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهٗ حُطَامًا ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَذِكْرٰى لِاُولِى الْاَلْبَابِ ࣖ
Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat.

(QS. Az-Zumar ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement