Rabu 03 May 2023 19:00 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi Program Safari Subuh Polri

Kunjungan kapolda untuk mengajak masyarakat mendukung kondusivitas jelang Pemilu 2024

Red: Agus Yulianto
Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, disambut tokoh agama saat kunjungan ke Kabupaten Sukabumi.
Foto: Dok. Republika
Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, disambut tokoh agama saat kunjungan ke Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengapresiasi, program Safari Subuh yang telah digulirkan oleh Polri. Dia menilai, salah satu program Polri  tersebut selaras dengan salah satu kebijakan strategis Pemkab Sukabumi.

“Izin Bapak Kapolda, Kabupaten Sukabumi ini sudah lama mempunyai Perda Sholat Subuh Berjamaah, sejak tahun 2005,’’ kata dia dalam sambutannya saat menerima kunjungan kerja Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, di Kabupaten Sukabumi, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (3/5/2023).

 

photo
Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, disambut tokoh agama saat kunjungan ke Kabupaten Sukabumi. - (dok. Republika)

 

Marwan mengatakann, meski perda tersebut sudah lama digulirkan, namun dalam realisasinya tak segencar yang dilakukan Polri, melalui Polres Sukabumi. Dia mengungkapkan, Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, ternyata jauh lebih gencar menjalankan program Sholat Subuh berjamaah.

’’Tapi ternyata Bapak Kapolres Sukabumi lebih sukses dan lebih aktif melaksanakan program sholat subuh berjamaah tersebut dengan program Sholat Subuh berjamaah secara berkelilingnya,” ucap Marwan dihadapan Kapolda Jabar dan tamu undangan. 

Marwan mengaku, sebagai kepala daerah, banyak program dalam rangka membangun ekonomi dan keagamaan di Kabupaten Sukabumi terbantu dan didukung oleh Kapolres Sukabumi melalui program 'AA DEDE CURHAT DONG'

Konsep Kapolres Sukabumi, melalui program AA DEDE ini, kata dia, sangat luar biasa dan bermamfaat. "Alhamdulillah pada tahun ini mungkin untuk pertama kalinya, saya bersyukur Polres Sukabumi menyelenggarakan program mudik gratis dan ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga masyarakat kami Bapak Kapolda," tutur dia.

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, mengatakan, program AA DEDE kepanjangan dari Agamis Aman Dedikasi Empati Damai Efektif dan Efisien. Tujuan program ini, imbuh dia, menyelaraskan dengan visi Kabupaten Sukabumi yaitu 'Religius dan Mandiri'.

’’Kita bertekad untuk menyelaraskan diri dengan program pemerintah daerah. Karena itu personel kita harus religius. Untuk maju sebuah daerah dibutuhkan kepastian keamanan sehingga iklim investasi tumbuh,’’ kata dia.

Maruly mengatakan, dalam program Safari Subuh ini personel Bhabinkamtibmas yang berjumlah 281 wajib melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid yang ada di lingkungannya masing-masing. Para Bhabinkamtibmas, kata dia, melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid-masjid dengan berseragam Polri. 

Tujuannya, imbuh dia, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. ‘’Bhabinkamtibmas keluar rumah jam 04.00 dengan berseragam menuju masjid. Mereka sekaligus melakukan patroli saat menuju masjid,’’ cetus dia.

Usai shlat subuh, sambung Maruly, Bhabinkamtibmas menyempatkan diri berdialog dengan jamaah masjid untuk menyerap informasi dan aspirasi. Dari curhatan masyarakat itu, polisi bisa memberikan solusinya. 

"Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor polisi untuk mengadukan sebuah persoalan. Cukup polisi yang jemput bola melalui safari subuh ini," imbuh dia.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sukanbumi, Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, banyak mendapat masukan dan apresiasi dari Forkopimda Kabupaten Sukabumi, tokoh masyarakat, dan tokoh agama terkait kinerja Polri, khususnya Polres Sukabumi.

Pada hari yang sama, Kapolda Jabar juga melakukan kunjungan ke Polres Sukabumi Kota. Dalam kunjungan tersebut, Kapolda bertatap muka dengan unsur Forkopimda Kota Sukabumi, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Tokoh Agama. 

Kunjungan dimaksudkan untuk mengajak seluruh elemen masayarakat Kota Sukabumi mendukung terciptanya kondusifitas kamtibmas menjelang Pemilu 2024. ‘’Pak Kapolda memberikan motivasi terhadap seluruh personel Polres Sukabumi Kota dan menyerap informasi kamtibmas dari masyarakat menjelang pemilu,’’ kata Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement