Jumat 05 May 2023 16:44 WIB

Komisi X DPR: Kesejahteraan Guru-Dosen Berkorelasi dengan Kualitas Mutu Pendidikan

Pemerintah perlu meningkatkan kesejahteraan guru dan dosen yang belum memadai.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi dosen sedang mengajar. Hanya ada sembilan persen dosen di Indonesia yang menerima gaji lebih dari lima juta rupiah per bulannya.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi dosen sedang mengajar. Hanya ada sembilan persen dosen di Indonesia yang menerima gaji lebih dari lima juta rupiah per bulannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR RI, Himmatul Aliyah, mengingatkan, kesejahteraan tenaga pendidik berkorelasi dengan kualitas mutu pendidikani. Menurut dia, di sejumlah negara dengan kualitas pendidikan yang baik, kesejahteraan tenaga pendidiknya pun baik.

"Kesejahteraan tenaga pendidik berkorelasi dengan kualitas pendidikan. Di sejumlah negara dengan kualitas pendidikan yang baik, kesejahteraan tenaga pendidiknya juga baik," kata Himmatul dikutip dari laman resmi Partai Gerindra, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga

Himmatul mengatakan hal ini masih dalam momentum harapan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, yang diperingati setiap 2 Mei lalu. Dia menambahkan, pemerintah perlu meningkatkan kesejahteraan guru dan dosen yang selama ini belum memadai.

"Pemerintah perlu meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik yang selama ini masih kurang memadai," kata Himmatul.