Selasa 23 May 2023 06:53 WIB

Tingkatkan Kolaborasi untuk Mitigasikan Potensi Ancaman Jelang Pemilu 2024

Potensi kerawanan terhadap kelompok-kelompok masyarakat sipil meningkat jelang Pemilu

Rep: wilda fizriyani/ Red: Partner
.
Foto: network /wilda fizriyani
.

Sejumlah akademisi, perwakilan organisasi profesi jurnalis, perusahaan media dan organisasi masyarakat sipil Malang Raya menghadiri kegiatan diskusi kelompok terarah bertemaka "Memetakan Potensi Kerawanan dalam Tahapan Pemilu 2024 terhadap Organisasi Masyarakat Sipil di Malang Raya" di Kota Malang, Senin (21/5/2023). Foto: AJI Malang

MALANG -- Indonesia dalam beberapa waktu ke depan akan memasuki masa Pemilu 2024. Ajang ini pun perlu diantisipasi dari berbagai kalangan termasuk jurnalis dan masyarakat sipil.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, Benni Indo mengatakan, gelaran Pemilu bak belati bermata dua bagi kelompok masyarakat sipil. Di satu sisi, pesta demokrasi ini merupakan salah satu cara untuk mendorong proses demokratisasi. "Namun, di sisi lain, gelaran Pemilu juga menghadirkan sejumlah ancaman," kata Benni dalam kegiatan Diskusi Kelompok Terarah di Kota Malang, Senin (21/5/2023).

Menurut Benni, potensi kerawanan terhadap kelompok-kelompok masyarakat sipil meningkat jelang Pemilu. Hal ini tak lepas dari banyaknya kepentingan yang berkelindan dalam gelaran tersebut.