Rabu 24 May 2023 15:40 WIB

Cat Pelapis Penolak Panas, Seperti Apa?

Cat pelapis penolak panas yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu solusi mewujudkan kondisi di dalam rumah menjadi nyaman adalah dengan menggunakan cat pelapis penolak panas yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya 10-20 derajat Celcius.. Ilustrasi
Foto: J.Brand Painting
Salah satu solusi mewujudkan kondisi di dalam rumah menjadi nyaman adalah dengan menggunakan cat pelapis penolak panas yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya 10-20 derajat Celcius.. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Cuaca panas yang melanda belakangan ini membuat suasana rumah, sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, menjadi tidak nyaman dan gerah. Manajer Pemasaran PT Adhi Cakra Utama Mulia Chandra Kurniawan mengatakan, salah satu solusi mewujudkan kondisi di dalam rumah menjadi nyaman adalah dengan menggunakan cat pelapis penolak panas yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya 10-20 derajat Celcius.

Ia menuturkan, cat seperti itu sangat cocok diaplikasikan pada bidang seperti dinding samping dan atap rumah. Diketahui, dinding samping, atap metal yang posisinya paling atas dari bagian rumah merupakan bahan material yang menyerap panas dan meneruskan panas tersebut ke dalam rumah.

Baca Juga

“Heatgard dapat meredam panas matahari yang masuk sehingga suhu di dalam bangunan menjadi lebih sejuk. Cat penolak panas dengan warna-warna terang umumnya lebih optimal memantulkan panas matahari, seperti Heatgard yang tersedia dalam tiga pilihan warna yang cerah yaitu putih, abu dan krem yang ketiganya sama-sama memberikan kemampuan penolak panas dan ketahanan yang baik serta warna yang tidak mudah pudar,” ungkap Chandra Kurniawan dalam keterangan.

“Selain penolak panas, Heatgard juga sudah anti bocor sehingga ketahanan bangunan yang sudah dilapisi Heatgard sudah tidak perlu diragukan. Baik musim kemarau maupun musim hujan, Heatgard akan senantiasa melindungi bangunan," ujarnya.

Penggunaan cat pelapis penolak panas juga dapat mengurangi pemakaian listrik sehingga lebih hemat energi dan biaya. Bagi pemilik bangunan berupa pabrik maupun gudang atau bangunan berbahan metal, cat tersebut juga dapat bekerja menghambat karat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement