Jumat 26 May 2023 05:47 WIB

BUMN Terus Dukung UMKM Perluas Pasar hingga Tembus Ekspor

UMKM jadi salah satu penyokong Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN RI Erick Thohir (kedua dari kanan) saat berkunjung dan berinteraksi dengan UMKM (ilustrasi).
Foto: Dok. Telkom
Menteri BUMN RI Erick Thohir (kedua dari kanan) saat berkunjung dan berinteraksi dengan UMKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong para perusahaan pelat merah untuk ikut mendampingi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memperluas usaha, termasuk jangkauan pasar hingga menembus ekspor.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, mengatakan UMKM telah menjadi salah satu penyokong Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian. Karena itu, negara harus selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi bagi perkembangan UMKM.

Pada Kamis (25/5/2023) lalu, Kementerian BUMN bersama PT Pertamina Gas Negara dan PT Kereta Api Indonesia menggelar "Seru-Seruan Bazar Lokal" di Sarinah, Jakarta sebagai salah satu ajang untuk mempromosikan keunggulan UMKM di Indonesia saat ini. Dalam bazar tersebut dipamerkan produk dari 88 mitra UMKM binaan dari subsektor fesyen, kriya, hingga makanan.

"Bazar ini merupakan salah satu upaya pemerintah yang diinisiasi Kementerian BUMN didukung oleh PGN dan KAI untuk membantu memperluas akses pasar UMKM, yang diharapkan kedepannya berorientasi ekspor dan berkontribusi kepada perolehan devisa bagi negara dan perkembangan perekonomian Indonesia," kata Loto dalam pembukaan bazar.