Senin 12 Jun 2023 07:01 WIB

Koalisi: Anggaran Rp 4 Triliun Cukup untuk Gratiskan SMP-SMA Swasta di Jakarta

Koalisi sebut dana Rp 4 triliun cukup untuk menggratiskan SMP-SMA swasta di Jakarta.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan olahraga di lapangan. Koalisi sebut dana Rp 4 triliun cukup untuk menggratiskan SMP-SMA swasta di Jakarta.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan olahraga di lapangan. Koalisi sebut dana Rp 4 triliun cukup untuk menggratiskan SMP-SMA swasta di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Koalisi Kawal Pendidikan Jakarta (Kopaja) menilai dana Rp 4 triliun telah cukup untuk mewujudkan pendidikan gratis bagi pelajar SMP dan SMA di sekolah swasta di DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga disebut sebenarnya memiliki kemampuan anggaran untuk mewujudkan kebijakan ini.

Perwakilan Kopaja, Irwan Adlin mengatakan, dana sebesar Rp 4 triliun tersebut didapat melalui penelitian dan perhitungannya. Yaitu dengan menghitung kebutuhan biaya iuran per tahun pelajar SMP dan SMA, kemudian dikalikan tiga angkatan.

Baca Juga

"Sehingga kita dapat angka Rp 4 triliun. Kita sudah sampaikan ke Dinas Pendidikan, bersurat ke Gubernur, ke DPRD bahwa Pak, Bu, Rp 4 triliun ini yang bapak ibu perlu pikirkan untuk dikonversikan ke sekolah-sekolah swasta," jelas Irwan Adlin yang berasal dari komunitas Suara orang tua peduli, Ahad (11/6/2023).

Pembiayaan atau program sekolah gratis dari pemprov untuk pelajar dikatakannya memang ada yang telah direalisasikan. Namun jumlahnya masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pelajar yang tidak tertampung di sekolah negeri setiap tahunnya.