Rabu 14 Jun 2023 04:29 WIB

Indonesia Jadikan Palestina Gambaran Lawan di Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah di Piala Asia 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Shin Tae-yong dan bek Rizky Ridho memberikan keterangan pers terkait persiapan pertandingan FIFA matchday melawan Palestina di Hotel Vasa Surabaya, Selasa (13/6/2023).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Pelatih Shin Tae-yong dan bek Rizky Ridho memberikan keterangan pers terkait persiapan pertandingan FIFA matchday melawan Palestina di Hotel Vasa Surabaya, Selasa (13/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia Shin Tae-yong akan menjadikan laga uji coba FIFA Matchday melawan Palestina sebagai gambaran bagi pemain sebelum berlaga di Piala Asia 2023. Laga uji coba ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/6/2023) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia akhirnya bisa kembali mentas di Piala Asia setelah absen sejak 2007. Adapun Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Awalnya, Piala Asia 2023 seharusnya digelar di Cina pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023, tetapi ditunda dan dibatalkan digelar di negara itu karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Timnas Merah Putih lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status runner-up Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia, mendampingi Yordania yang menjadi juara grup. Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah saat drawing dilakukan di Doha pada 11 Mei 2023.

Kembali ke uji coba melawan Palestina, Shin mengaku tidak memasang target muluk-muluk kepada para pemain. Terlebih tim asuhan Makram Daboub lebih diunggulkan secara statistik.

Bagaimana tidak, Palestina berada dalam posisi yang jauh lebih baik daripada Indonesia dalam ranking FIFA. Saat ini, The Lions of Canaan saat ini menduduki posisi ke-93 dunia, sementara Indonesia 149 dunia.  

"Palestina jadi salah satu tim yang paling baik di FIFA ranking, kita terpaut 50 ranking, apalagi di Piala Asia tahun depan atau Kualifikasi Piala Dunia kita akan bertemu dengan tim-tim seperti Palestina atau lebih baik karena itu kita uji coba melawan Palestina untuk mencoba intensitas pertandingan kita sekarang," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, Selasa (13/6/2023). "Untuk taktik sendiri, kita akan bermain total, tanpa posisi bermain, untuk seluruh pemain."

Palestina juga datang ke Tanah Air dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka mempunyai catatan positif dengan kemenangan beruntun dalam empat laga terakhir. Pada laga terakhir, Palestina menang 2-1 dari Bahrain dalam laga persahabatan internasional pada Maret 2023. Adapun tiga laga lainnya terjadi di Piala Asia AFC di mana masing-masing menang 4-0 atas Filipina, 5-0 atas Yaman, dan 1-0 atas Mongolia.

"Permainan Palestina terlihat punya power. Ini juga yang akan dipersiapkan yang dari kita, apalagi kita bermain home, jadi akan berusaha maksimal mungkin untuk bisa memenangkan pertandingan. Saya mohon untuk para fans untuk bisa memberi dukungan penuh," kata Shin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement