Rabu 14 Jun 2023 17:55 WIB

Soal Kasus Restoran Mamma Rosy, Pakar Hukum: Tidak Ada Unsur Pidana

Restoran Mamma Rosy menyajikan daging babi, padahal konsumen memesan daging sapi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Video permintaan maaf pihak restoran Mamma Rosy karena telah menyajikan menu daging babi ke konsumen Muslim.
Foto: Instagram/@mammarosy_jkt
Video permintaan maaf pihak restoran Mamma Rosy karena telah menyajikan menu daging babi ke konsumen Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Restoran Mamma Rosy Indonesia tengah menjadi perbincangan pro dan kontra di jagad dunia maya. Hal itu lantaran adanya pengakuan dari seorang konsumen Muslim yang disuguhi daging babi padahal dia memesan daging sapi. Sehingga peristiwa ini menuai perdebatan apakah yang dilakukan pelayan restoran ada unsur pidana atau tidak.

Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar berpandangan bahwa tidak ada unsur pidana dalam peristiwa tersebut. Karena memang restoran Mamma Rosy sendiri merupakan rumah makan yang menyajikan menu makanan non halal bagi muslim. Maka seharusnya seorang muslim tidak makan di restoran yang menyediakan makanan non halal tersebut.

Baca Juga

“Menurut saya itu tidak ada unsur pidananya. Karena mestinya orang muslim itu tidak seharusnya makan di restoran yang ada babinya, jadi tidak ada pidananya itu,” ujar Abdul Fickar Hadjar, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut, Abdul Fickar Hadjar mengatakan, meskipun konsumen yang muslim tersebut tidak memesan makanan non halal, seperti babi atau lainnya tapi tidak menutup kemungkinan ada unsur non halalnya yang tercampur. Karena itu bagi seorang muslim semestinya dapat berpikir dan tidak mengambil risiko dengan makan di restoran yang menawarkan menu non halal tersebut.

“Kalaupun makanannya bukan babi, itu penggorengannya tempat masuknya sama,” kata Abdul Fickar Hadjar.

Diberitakan Republika.co.id sebelumnya, seorang pelanggan Mamma Rosy mengadukan pelayanan tidak profesional yang dialami ketika membeli daging sapi, malah disajikan babi. "Saya Muslim, pesen beef dikasih pork. Baru tahu setelah selesai makan dan lihat bill. Pas komplain waitress-nya bilang 'tapi harganya sama kok Bu'," kata pemilik akun Instagram @armaclydon. Status Instastory tersebut viral di lini masa setelah diunggah oleh akun Annisa N Thaib di @chachathaib.  

Sang pelanggan sempat meminta untuk komplain ke manajer Mamma Rosy, tetapi tidak diberi akses oleh sang waitress. Yang terjadi malahan, pelanggan restoran yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan tersebut mendapatkan komentar tidak mengenakkan dari pelayan yang salah menyajikan daging.  

"Terus katanya mau ditelpon ke Bu Stephanie. Siapa pun itu saya gak dikasih tahu itu siapa. Tapi ibunya nggak mau ngomong sama saya dan dia cuma bilang 'kasih aja dessert gratis'. Pastinya gak saya terima dan langsung pergi dari situ. Luar biasa Mamma Rosy, kok gak ada respect sama sekali ke agama orang ya," begitu komplain yang ditulis akun @armaclydon.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement