Jumat 23 Jun 2023 21:15 WIB

Kurangi Polusi Udara, Naik Kereta Api Bisa Jadi Solusi! (Bagian 2 - Habis)

Para penumpang kereta dapat menikmati perjalanan yang nyaman sambil memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan.

Rep: Nurul Hamami/ Red: Partner
.
Foto: network /Nurul Hamami
.

Ilustrasi. Kereta Eksekutif siap berangkat.
Ilustrasi. Kereta Eksekutif siap berangkat.

JAKARTA -- KAI memiliki layanan kereta yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan sumber energi listrik. Beberapa layanan tersebut antara lain KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, KA Bandara Soekarno-Hatta, serta LRT Sumatra Selatan.

Sebagai contoh, untuk perjalanan kereta komuter, satu rangkaian KRL terdiri dari 8 hingga 12 kereta dengan kapasitas maksimal 3.000 penumpang. Dengan demikian, satu rangkaian KRL tersebut mampu menggantikan penggunaan 428 mobil pribadi dan 1.500 sepeda motor.

"Ke depannya, KAI juga akan memperkenalkan kereta berenergi listrik pada LRT Jabodebek dan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung," kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus, dalam publikasi media beberapa waktu lalu.

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan transportasi massal guna mengurangi emisi, KAI juga melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta api seiring dengan diberlakukannya Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 mulai 1 Juni 2023. Jumlah perjalanan kereta api penumpang bertambah sebanyak 48 perjalanan, meningkat dari 605 KA menjadi 653 KA. Selain itu, untuk kereta api barang bertambah 6 KA dari 322 KA menjadi 328 KA.

Selain itu, pada Gapeka 2023, KAI melalui anak perusahaannya, KAI Commuter, juga melakukan beberapa peningkatan pelayanan dari segi perjalanan keretanya. Peningkatan-peningkatan layanan ini dilakukan untuk menarik masyarakat sehingga beralih dari kendaraan pribadi ke kereta api. Di wilayah 1 Merak misalnya, Commuter Line menyediakan 14 perjalanan dengan waktu tempuh perjalanannya yang menjadi lebih cepat 8 menit dan rata-rata headway lebih singkat 5 menit.

Di wilayah 2 Bandung tersedia 58 perjalanan yang terdiri dari 40 perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Padalarang – Cicalengka, 6 Perjalanan Commuter Line Garut relasi Garut/Cibatu - Padalarang/Purwakarta, 10 Perjalanan Commuter Line Walahar relasi Purwakarta – Cikarang, dan 2 Perjalanan Commuter Line Jatiluhur relasi Cikampek – Cikarang. Waktu perjalanan Commuter Line menjadi lebih singkat 6 menit, yaitu dari 119 menit menjadi 113 menit. Demi meningkatkan pelayananannya, Stasiun Gedebage juga telah diaktifkan di wilayah 2 Bandung sebagai tempat naik dan turun penumpang.

Selanjutnya, di Wilayah 6 Yogyakarta, jumlah perjalanan Commuter Line Yogyakarta terdiri dari 20 perjalanan pada hari kerja dan 24 perjalanan pada akhir pekan. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks tersedia 8 perjalanan. Dengan diberlakukannya Gapeka 2023, sekarang penumpang Commuter Line Yogyakarta juga dapat naik dan turun di Stasiun Palur.

Kemudian di Wilayah 8 Surabaya, terdapat 60 perjalanan kereta Commuter Line yang melayani Surabaya dan sekitarnya. Kini, Stasiun Blitar digunakan untuk stasiun transit Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho. Stasiun Pakisaji, Stasiun Purwoasri, dan Stasiun Ngujang juga dapat digunakan untuk naik turun penumpang.

Sementara itu untuk perjalanan Commuter Line Basoetta bertambah 16 perjalanan menjadi 56 perjalanan setiap hari, naik dari jumlah sebelumnya yang hanya ada 40 perjalanan. Kecepatan perjalanan kereta api juga ditingkatkan menjadi 75 km/jam dari kecepatan sebelumnya 70 km/jam.

“Kami berharap dengan penambahan perjalanan ini dapat menjadi salah satu kontribusi KAI Grup pada lingkungan hidup. Kami juga mengajak masyarakat agar beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal, salah satunya kereta api, untuk mengurangi kemacetan dan tentunya polusi udara. Untuk detail terkait layanan perjalanan Commuter Line, masyarakat dapat mengakses media sosial Commuter Line di @commuterline, atau di @kai121 untuk kereta api secara umum,” ungkap Joni.

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya memilih transportasi yang ramah lingkungan, dan naik kereta api menjadi alternatif yang menarik. Banyaknya layanan kereta api yang tersedia serta peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan telah mendorong pertumbuhan penggunaan kereta api sebagai pilihan utama transportasi.

Dengan naik kereta api, para penumpang dapat menikmati perjalanan yang nyaman sambil memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan. Pilihan ini tidak hanya mengurangi dampak negatif perjalanan terhadap lingkungan, tetapi juga mempengaruhi kehidupan kita secara keseluruhan.

"Kita dapat menjadikan naik kereta api sebagai solusi transportasi yang ramah lingkungan. Mari kita berpartisipasi dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi ini dengan memilih naik kereta api sebagai pilihan transportasi yang bertanggung jawab," kata Joni

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا
Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muham-mad).” Katakanlah, “Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?”

(QS. An-Nisa' ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement