Sabtu 24 Jun 2023 10:30 WIB

Kegagalan Peru Jadi Berkah Indonesia Menggelar dan Berlaga di Piala Dunia U-17

FIFA mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada Jumat malam.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Piala Dunia U-17
Foto:

Presiden FPF, Agustin Lozano, tidak hilang akal. Lozano dikabarkan sempat menawarkan FIFA untuk menggelar semua pertandingan Piala Dunia U-17 di Ibukota Peru, Lima. Sebelumnya, sejumlah pertandingan memang direncakan dihelat di bagian utara Peru. Namun, usulan Lozano ini ditolak oleh FIFA.

Pencabutan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ternyata menjadi berkah tersendiri buat Indonesia, yang sebenarnya juga menjadi ''korban'' dari FIFA. Sebelum mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia u-17, FIFA juga sempat membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Maret silam.

Padahal, Indonesia telah bersiap untuk menyelenggarakan turnamen kategori usia paling  bergengsi tersebut. Terlebih, saat pencabutan status tuan rumah Indonesia tersebut, pelaksanaan Piala Dunia U-20 tinggal hitungan bulan. Argentina akhirnya dipilih menggantikan Indonesia.

Terlepas dari memori buruk itu, Indonesia sepertinya dinilai sudah cukup siap, terutama dari aspek infrastruktur, guna menggelar turnamen sepak bola bertaraf internasional. Tidak hanya itu, keuntungan lain juga didapatkan Timnas Indonesia U-17 menyusul penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah. Garuda Muda dipastikan bisa langsung berlaga di putaran final Piala Dunia U-17 2023 dan dipastikan menempati satu tempat di Grup A. Indonesia tidak perlu lagi melakoni ketatnya persaingan di Piala Asia U-17.

Sebelumnya, tim Indonesia U-17 besutan Bima Sakti sebenarnya sudah tersingkir pada babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Bergabung di Grup B babak kualifikasi, Indonesia gagal bersaing dengan Malaysia. Mampu melewari adangan Uni Emirat Arab dan Palestina  dengan kemenangan, Indonesia harus puas finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup B. 

Garuda Muda hanya kalah satu poin dari Malaysia, yang berada di puncak klasemen akhir Grup B. Kondisi ini tidak terlepas dari kekalahan telak Garuda Muda dari Malaysia di laga pamungkas Grup B, Oktober 2022 silam. Saat itu, Garuda Muda dibekuk Malaysia 1-5, dalam laga di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Saat ini, Piala Asia U-17 2023 Thailand tengah menginjak babak perempat final. Sejumlah tim favorit, seperti Arab Saudi, Korea Selatan, Australia, Jepang, dan Iran, tengah bersaing ketat untuk bisa melaju ke babak semifinal.

Begitu pula dengan kehadiran sejumlah tim kedua hitam, termasuk tuan rumah, Thailand. Laga babak perempat final, yang bakal digelar di 25 hingga 26 Juni 2023, sekaligus menjadi penentu pemegang tiket wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023. Berdasarkan ketentuan FIFA, empat tim semifinalis di turnamen ini berhak melaju ke putaran final Piala Dunia U-17 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement