Ahad 25 Jun 2023 07:49 WIB

Foto Manis Artis Datang ke Wisuda Anak, Ada yang 3 Anaknya Diwisuda Sekaligus

Pada tahun ini, Ussy Sulistiawaty menghadiri perayaan kelulusan tiga anaknya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan Ussy Sulistiawaty (kanan) dan Andhika Pratama (kiri) menghadiri wisuda sekolah anak keempat mereka, Sheva Elmira Lorrenia.
Foto: Instagram/@ussysulistiawaty
Pasangan Ussy Sulistiawaty (kanan) dan Andhika Pratama (kiri) menghadiri wisuda sekolah anak keempat mereka, Sheva Elmira Lorrenia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan, beredar kritik di media sosial mengenai pelaksanaan kelulusan sekolah di tingkatan TK, SD, SMP, dan SMA yang diselenggarakan layaknya wisuda perguruan tinggi. Istilah kelulusan itu pun dijuluki wisuda di sejumlah sekolah.

Sebagian orang tak setuju lantaran menganggap wisuda seharusnya hanya untuk orang yang sudah menamatkan kuliah. Ada pula yang merasa pelaksanaan wisuda di tingkatan TK, SD, SMP, SMA berpotensi memberatkan orang tua dengan adanya biaya tambahan.

Baca Juga

Nyatanya, masih banyak siswa yang lulus dari jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, bahkan di tingkat prasekolah seperti TK yang mengikuti wisuda di upacara kelulusannya. Termasuk, putra-putri dari para pesohor Tanah Air, yang foto-fotonya beredar di media sosial. Siapa saja mereka?

1. Ussy Sulistiawaty

photo
Ussy Sulistiawaty (paling kanan) ketika menghadiri acara wisuda sekolah anaknya. - (Instagram/@ussypratama)

 

Pasangan selebritas Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty merayakan momen tiga putri mereka yang melanjutkan jenjang pendidikan di waktu yang hampir berbarengan. Putri keempat Andhika dan Ussy, Sheva Elmira Lorrenia, lulus TK dan masuk SD. Sementara, putri sulung mereka, Nur Amalia Putri, menamatkan studi di SMA. Ada juga putri ketiga mereka, Shakeela Eleanor Ameera, juga lulus pendidikan Primary Years Programme (PYP) dan akan melanjutkan pendidikan ke Middle Years Programme (MYP).

Pada Selasa (6/6/2023), Ussy terlebih dahulu membuat unggahan kelulusan putri sulungnya. "Happy graduation, Kak. Alhamdulillah, akhirnya Mama Papa bisa selalu dampingin Kakak sampai Kakak lulus sekolah tahun ini. Mama tau semua ini ga mudah. Kakak sangat super kerja keras belajar biar bisa lulus sekolah sesuai cita-cita Kakak," kata Ussy di akun Instagram @ussypratama.

Amalia menempuh studi di sekolah internasional Binus School Simprug, Jakarta. Dua hari setelahnya, Andhika membagikan unggahan Sheva yang lulus dari TK. "Pagi ini, giliran Sheva yang bikin bangga. Temen bercanda Papa di rumah yang makin gede, anak paling lawak yang bikin rumah ga pernah sepi sekarang mau masuk SD. Happy graduation ya Sheva, Papa dan Mama love you sampai langit satu miliar," ujar Andhika lewat akun Instagram @andhiiikapratama.

Ketika kelulusan Elea, Ussy menuliskan, "Dear Shakeela Eleanor Ameera, bangga, seneng, sekaligus terharu. Si anak unyil ini udah lulus PYP dan bersiap jadi anak MYP. Aduh bocah unyu Mama Papa. Sehat terus ya Nak, bahagia terus, terus jadi murid yang baik. Happy graduation, Nak".

2. Andre Taulany

photo
Andre Taulany (paling kiri) ketika menghadiri wisuda sekolah anak. - (Instagram/@erintaulany)

 

Anak artis lainnya yang baru lulus SD adalah Arlova Carissa Taulany, anak bungsu presenter dan komedian Andre Taulany. Momen wisuda Arlova dari sekolah dasar tempatnya menempuh studi diunggah oleh sang ibunda, Erin, melalui akun Instagram @erintaulany.

"Officially graduate primary schoolCongrats bontotku tersayang @lov_a.t," ucap Erin. Foto-foto yang dia unggah menampilkan sosok Arlova dalam baju toga. Seluruh keluarga, termasuk Andre, tampak mendampingi Arlova di hari kelulusannya.

3. Dewi Rezer

photo
Dewi Rezer (paling kiri) ketika menghadiri wisuda sekolah anak. - (Instagram/@rezerdewi)

 

Deretan selebritas lain pun mengunggah momen wisuda putra-putrinya. Meski sudah bercerai, Dewi Rezer dan Marcellino Lefrandt mendampingi putri mereka, Brinette, di momen kelulusan SMP.

4. Wulan Guritno

photo
Wulan Guritno (kanan) ketika menghadiri wisuda sekolah anak. - (Instagram/@wulanguritno)

 

Aktris Wulan Guritno mengunggah video kelulusan putranya, Jeremiah Alric Dimitri, dari tingkat SD di Sampoerna Academy. Acara kelulusan itu pun melibatkan prosesi pemakaian toga. "Thank you grade 6 and hello junior high. Congratulations ma boy, so proud of you, spread your wings and fly high," kata Wulan di akun @wulanguritno.

5. Yuni Shara

photo
Yuni Shara (paling kanan) ketika menghadiri sekolah anak. - (Instagram/@yunishara36)

 

Penyanyi Yuni Shara termasuk figur publik yang berbahagia atas kelulusan putranya dari SMA, tepatnya dari ACG School Jakarta. Lewat akun @yunishara36, pelantun lagu "Return of the Condor Heroes" itu membagikan Reels tentang momen bahagia putranya.

"Selamat untuk anakku Cello Obin Siahaan. Masih panjang perjalananmu, nak. Selamat melanjutkan hidup dan cita-citamu. Doa Bunda tak pernah berhenti mengiringi langkahmu," kata Yuni lewat unggahannya. Ayah Cello, mantan suami Yuni, juga terlihat menghadiri momen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement