Kamis 29 Jun 2023 16:48 WIB

ASDP Ferry Tingkatkan Kesiapan Lonjakan Arus Penumpang

Lonjakan penumpang di cabang Merak dan Bakauheni diprediksi mencapai 10 persen.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan kesiapan dalam melayani lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H hingga Ahad (2/7/2023).
Foto: dok. Republika
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan kesiapan dalam melayani lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H hingga Ahad (2/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan kesiapan dalam melayani lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444 H hingga Ahad (2/7/2023). Cabang Utama Merak dan Bakauheni memperkirakan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen selama libur panjang Idul Adha 1444 H.

"ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik selama masa libur panjang Idul Adha 1444 H," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan di Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Baca Juga

Menurutnya, liburan panjang Hari Raya Idul Adha bertepatan dengan momen libur anak sekolah pada bulan Juni ini. Hal itu memicu terjadinya kenaikan arus penyeberangan, khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni.

Berdasarkan data Posko Merak, peningkatan arus terjadi pada Selasa (27/6/2023), dari total 28 armada kapal yang dioperasikan jumlah total kendaraan yang telah diseberangkan angkanya mencapai 11.329 unit kendaraan, dengan rincian sebanyak 5.475 unit kendaraan pribadi, sebanyak 2.456 unit roda dua, sebanyak 373 unit bus, dan sebanyak 3.025 truk.

Adapun total jumlah penumpang yang diseberangkan pada Selasa (27/6/2023) mencapai 47.494 penumpang, dengan rincian sebanyak 4.037 orang penumpang pejalan kaki dan sebanyak 4.357 orang penumpang dalam kendaraan.

Jumlah itu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan jumlah kendaraan biasanya, yang hanya berkisar antara 5.000 hingga 8.000 unit kendaraan campuran pada hari-hari biasa.

Dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa, Shelvy meminta pengguna jasa yang akan berlibur dengan kapal ferikhususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimamuk untuk melakukan pemesanan tiket feri secara online melalui aplikasi Ferizy.

ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum keberangkatan, sehingga dihimbau agar masyarakat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk memastikan perjalanan yang lebih terjamin, aman, dan nyaman.

"Bagi pengguna jasa pastikan telah bertiket H-1 keberangkatan karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," katanya.

Selanjutnya, pengguna jasa yang telah bertiket agar mengatur kedatangan dengan baik sehingga dapat melakukan check-in dua jam sebelumnya.

Dalam hal ini, tiket yang telah melewati waktu jadwal masuk pelabuhan akan menjadi tidak berlaku. Selain itu, pemudik yang tidak memiliki tiket akan diputar balik keluar pelabuhan.

Dikatakan, dengan melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui Ferizy dan mengikuti petunjuk yang telah ditetapkan, kini masyarakat dapat menikmati perjalanan feriyang aman, nyaman, dan lancar.

Ferizy, aplikasi resmi yang disediakan oleh ASDP, mempermudah pengguna dalam memilih jadwal keberangkatan, membeli tiket, dan melihat informasi terkait rute penyeberangan. Dengan melakukan pemesanan tiket secara online, pengunjung dapat menghindari antrean panjang di pelabuhan dan menjadikan perjalanan mereka lebih lancar dan nyaman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement