Jumat 30 Jun 2023 03:39 WIB

Tahun Ajaran Baru, Penting Lho Evaluasi Polis Asuransi

Evaluasi polis berguna untuk memastikan UP cukup saat anak masih di masa sekolah.

Red: Fuji Pratiwi
Asuransi/ilustrasi
Foto: pixabay
Asuransi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di momen tahun ajaran baru seperti saat ini, selain menyiapkan dana pendidikan, Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life Windy Riswantyo mengimbau, orangtua juga perlu mengevalusi pos-pos keuangan yang sudah ditentukan. Termasuk evaluasi polis asuransi.

Memang, apa manfaatnya? Berikut penjelasan Windy.

Baca Juga

1. Menghindari polis lapse

Pemegang polis wajib mengecek status polis agar tidak lapse. Cek juga tanggal pembayaran premi agar pembayaran tepat waktu dan tidak melewati tanggal berakhir masa tenggang pembayaran premi.

Lain halnya bagi pemegang polis pada produk asuransi jiwa produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link, ada manfaat fasilitas cuti premi untuk menghindari polis lapse. Misalnya dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, memutuskan untuk mengambil cuti premi sebab pengeluaran yang dihadapi bertambah dan tidak memungkinkan untuk membayar premi.

 

2. Memiliki proteksi yang sesuai dengan kondisi terkini

Kebutuhan hidup bagi setiap orang akan berbeda. Sama halnya seperti aset penghasilan, kendaraan, jiwa, kesehatan, hingga dana pensiun. Dalam melakukan perhitungan pengeluaran tahunan juga disarankan untuk menghitung aspek inflasi yang akan terjadi beberapa puluh tahun ke depan.

 

Ketika anak menghadapai tahun ajaran baru, orang tua atau pun kepala keluarga perlu menghitung pos dana yang akan dikeluarkan. Maka, besaran uang pertanggungan (UP) sebaiknya harus memenuhi aspek pengeluaran tahunan keluarga yang ditinggalkan begitu juga perlu disesuaikan dengan perhitungan inflasi. Produk asuransi yang dimiliki pun sebaiknya dilakukan penyesuaian agar perlindungan dapat tarcakup secara optimal.

3. Pengurangan manfaat polis sesuai kebutuhan

Bagi yang telah mengalami pengurangan pendapatan juga perlu dilakukan evaluasi terhadap polis. Dengan adanya kejadian tersebut bisa jadi pembayaran premi yang dilakukan terasa berat.

 

Untuk itu, sebelum dilakukan pengurangan manfaat polis, lakukan perhitungan pada pengeluaran per bulan dan juga tinjau lebih jauh risiko yang berpotensi terhadap diri. Di samping itu, hitung ulang dari pengeluaran per bulan, dengan perhitungan premi yang lebih murah, apakah manfaat perlindungan yang didapat dirasa cukup.

4. Lebih paham terhadap syarat klaim

Pemegang polis dapat mempelajari kembali ketentuan yang ada pada polis asuransi, baik mengenai syarat pengajuan klaim, manfaat yang dicakup dalam polis, hingga pengecualian manfaat. Hal tersebut dilakukan agar ke depannya jika akan pengajuan klaim dapat menjadi lebih mudah. Lebih dari itu, dengan mempelajari kembali syarat klaim, bahkan pemegang polis dapat menyesuaikan kembali nilai perlindungan yang seusai dengan kondisi finansial terkini.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari evaluasi polis, segera lakukan evaluasi polis asuransi yang dimiliki. Jangan ragu untuk bertanya dan manfaatkan layanan Contact Center yang ada pada perusahaan asuransi jiwa

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement