Senin 10 Jul 2023 10:48 WIB

Film Berdasarkan Kisah Nyata yang Ceritanya Ternyata 'Jauh' dari Fakta

Klaim 'berdasarkan kisah nyata' dibuat untuk menarik minat penonton lebih banyak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Catch Me If You Can. ini menjadi salah satu film yang diangkat dari kisha nyata yang jauh dari fakta sebenarnya.
Foto: DreamWorks Pictures.
Salah satu adegan dalam film Catch Me If You Can. ini menjadi salah satu film yang diangkat dari kisha nyata yang jauh dari fakta sebenarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa film dibuat berdasarkan kisah nyata. Selama beberapa dekade klaim "berdasarkan kisah nyata" digunakan oleh Hollywood sebagai cara melegitimasi dan memasarkan film serta serial televisi.

Mereka memiliki maksud agar slogan tersebut dapat menarik penonton lebih banyak. Berikut ini merupakan lima film berdasarkan kisah nyata yang ceritanya paling tidak akurat dengan fakta di lapangan, seperti dilansir laman Screen Rant, Senin (10/7/2023):

Baca Juga

1. Catch Me If You Can

photo
Salah satu adegan dalam film Catch Me If You Can. - (DreamWorks Pictures.)

 

Meskipun film ini tetap sangat menghibur dan dikerjakan dengan selera tinggi, Catch Me If You Can adalah salah satu film berdasarkan kisah nyata yang paling tidak akurat yang pernah dibuat. Penipu di kehidupan nyata, Frank William Abagnale Jr, tampaknya mengarang hampir semua hal tentang dirinya yang digambarkan oleh karakter Leonardo DiCaprio dalam film tersebut. Bahkan karakter agen FBI Tom Hanks juga dibuat-buat yang menggabungkan sejumlah agen federal yang memburu penipu terkenal itu.

2. Hidalgo

photo
Salah satu adegan di Hidalgo. - ( Touchstone Pictures)

 

Hidalgo sebagian besar akurat untuk akun pribadi Frank Hopkins yang mengaku telah berlari melintasi padang pasir yang luas dengan kuda kesayangannya. Namun, kisah epik Hopkins di kehidupan nyata tidak pernah menjadi penunggang kuda ulung dan tidak pernah menjadi anggota Kalvari Amerika Serikat.

Minat dan pengalaman Hopkins pada kuda jauh lebih moderat dalam kehidupan dia yang sebenarnya. Tetapi imajinasi Hopkins tentu saja melebihi kemampuan kuda sebenarnya yang digambarkan dalam film tersebut.

3. 300

photo
Salah satu adegan di film 300. - (Warner Bros.)

 

Film perang legendaris berjudul 300 sepertinya tidak diharapkan menjadi kisah yang paling akurat secara historis tentang Tentara Sparta Yunani Kuno. Pasukan Raja Leonides yang terdiri dari 300 orang bertempur dengan gagah berani di Pertempuran Thermopylae.

Namun, penggambaran perang di layar ini terlalu bergaya dan secara faktual tidak akurat untuk menyamai estetika film aksi khas sutradara Zack Snyder. Pasukan 300 orang dibantu oleh 7.000 tentara sekutu Yunani tambahan yang bertempur bersama Sparta untuk menahan ancaman besar-besaran Xerxes dan tentara Persia-nya.

4. The Texas Chainsaw Massacre

photo
Salah satu adegan di film The Texas Chainsaw Massacre. - ( New Line Cinema,)

 

Versi asli film ini tayang perdana pada tahun 1974 dan tetap menjadi salah satu film horor paling ikonik sepanjang masa karena pemasarannya yang "berdasarkan kisah nyata". Ternyata film tersebut adalah karya fiksi yang lengkap, meskipun ada yang mengeklaim bahwa film tersebut secara bebas terinspirasi oleh seorang pembunuh di kehidupan nyata bernama Ed Gein.

Kebohongan yang disengaja yang diceritakan oleh Hollywood dimaksudkan untuk menarik lebih banyak pemirsa melihat The Texas Chainsaw Massacre, serta mengomentari iklim politik pada saat itu dengan banyak orang Amerika yang merasa dibohongi oleh pemerintah federal ini sebagai tanggapan atas Watergate dan Perang Vietnam.

5. Captain Phillips

photo
Salah satu adegan di film Captain Phillips. - (Columbia Pictures)

 

Kapten Phillips di kehidupan nyata tidak seheroik filmnya. Meski begitu, aktor Tom Hanks memberikan penampilan karakter yang hebat di Captain Phillips.

Richard Phillips bukan pemimpin kapal yang altruistik seperti yang digambarkan oleh karakter Hanks. Dia tidak mengorbankan dirinya untuk menjadi sandera demi melindungi orang lain di kapal.

Faktanya, Kapten Phillips di kehidupan nyata dituntut setelah pembajakan atas tuduhan bahwa kegagalannya untuk mematuhi menyebabkan situasi meningkat secara tidak perlu. Tuduhan tersebut tidak pernah dikonfirmasi secara resmi karena kedua belah pihak mencapai penyelesaian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement