Senin 10 Jul 2023 17:35 WIB

Lulusan SMK Mampu Tekan Pengangguran Terbuka

Banyak dari siswa SMK sudah dipesan oleh perusahaan.

Red: Natalia Endah Hapsari
Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dinilai mampu berkontribusi dalam penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT)./ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dinilai mampu berkontribusi dalam penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT)./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BATU---Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) mampu berkontribusi dalam penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Dalam pembukaan Kegiatan Cinta Sekolah (KCS) 2023 Cita Garda Nawasenadi Kota Batu, Jawa Timur, Senin, ia mengatakan peningkatan dan penguatan kapasitas, kemampuan, dan kompetensi membuka peluang lulusan SMK untuk diterima di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (dudika).

Baca Juga

"Banyak dari siswa SMK sudah dipesan oleh perusahaan ketika mereka berada di kelas XI atau XII. Ini, seiring dengan kontribusi SMK untuk penurunan TPT yang signifikan di Jawa Timur," katanya.

Khofifah menjelaskan TPT lulusan SMK di Jawa Timur dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, yang mana berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) tren penurunan tercatat sejak 2020 hingga 2022.