Jumat 21 Jul 2023 05:35 WIB

Presiden Herzog Berterima Kasih AS Terus Dorong Normalisasi Israel-Saudi

Amerika Serikat telah mendorong Saudi untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan, saat ini negaranya masih berharap dapat melakukan normalisasi diplomatik dengan Arab Saudi.
Foto: AP
Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan, saat ini negaranya masih berharap dapat melakukan normalisasi diplomatik dengan Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Israel Isaac Herzog pada Rabu (19/7/2023) mengatakan, Israel berharap normalisasi dengan Arab Saudi segera terwujud. Dalam pidato di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS), Herzog berterima kasih kepada AS karena mendorong upaya untuk membangun hubungan damai antara Israel dan Saudi.

“Israel berterima kasih kepada Amerika Serikat karena berupaya membangun hubungan damai antara Israel dan Kerajaan Arab Saudi, negara terkemuka di kawasan dan dunia Muslim,” kata Herzog kepada anggota parlemen AS, dilaporkan Al Arabiya.

Baca Juga

“Kami berdoa dan berharap agar momen ini terwujud,” kata Herzog.

Amerika Serikat telah mendorong Saudi untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, seperti beberapa negara Arab lainnya. Namun Kerajaan Saudi dengan tegas menolak untuk menormalisasi hubungan dengan Israel karena persoalan Palestina. Saudi menegaskan bahwa konflik Israel-Palestina harus diselesaikan sejalan dengan Inisiatif Perdamaian Arab.